Kerabat Keraton Surakarta, Raden Ayu Puger Meninggal Dunia

oleh
RAden Ayuu Puger Wafat
Foto Raden Ayu Puger di atas pusara almarhumah. | MettaNews/Ari Kristyono

SOLO, MettaNEWS – Keraton Surakarta kehilangan kerabat yang pernah menjadi kepercayaan Sinuhun PB XII almarhum. Raden Ayu Puger (Sudjirah Al Kenyo Haknyono), istri KGPH Puger, meninggal dunia dalam usia 63 tahun. Almarhumah dimakamkan di kompleks pemakaman khusus milik Keraton di Laweyan, Solo, Rabu (6/10/2021) siang.

“Dipanggil Tuhan semalam pukul 19.00, almarhumah memang sudah beberapa waktu sakit. Mohon doanya,” tutur KGPH Puger, putra Sinuhun PB XII, di sela-sela prosesi pemakaman yang terletak satu kompleks dengan Ki Ageng Nis, tokoh cikal bakal dinasti Mataram Islam.

Almarhuman R Ay Puger, meninggalkan tiga orang putra yakni KRMH Suryo Kusumo, KRMH Suryo Adimijoyo dan BRM Suryo Triono, serta lima orang cucu.

Sosok Kepercayaan PB XII

Mengenang sosok R Ay Puger, salah seorang kerabat Keraton, Kanjeng Pangeran Panji Widjojo Hadiningrat memaparkan, almarhum adalah sosok penting yang dipercaya oleh Raja Surakarta, ISKS Paku Buwono XII almarhum.

Dalam setiap prosesi upacara, tugas dari almarhumah selalu berada di depan. Misal dalam upacara sakral Tingalandalem Jumenengan, almarhumah adalah Tumenggung Secapura, yakni pejabat yang bertugas memberi tengara (isyarat) para bupati untuk menghadap Sinuhun. Selain itu, juga memberi tengara dimulainya tarian Bedaya Ketawang.

Prosesi pemakaman R Ay Puger, mendapat penghormatan dari ratusan warga masyarakat. Sejak disemayamkan di Sasana Mulya Keraton Surakarta, hingga di pemakaman. Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat mengirimkan karangan bunga, mulai dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Abiyoso Seno Aji, hingga Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

No More Posts Available.

No more pages to load.