Laga Persis Arema Sudah Ada Penonton, Polresta Solo Siapkan Pengamanan Ketat 

oleh
Persis Solo Tarik Diri
Elemen suporter Persis Solo berkumpul di Stadion Manahan untuk menenuhi undangan suporter PSIM di Stadion Mandala Krida Yogyakarta untuk doa bersama atas Tragedi Kanjuruhan, Selasa (4/10/2022) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Laga Persis Solo kontra Arema FC dalam lanjutan BRI Liga 1 putaran kedua sudah dapat mengahdirkan penonton. Dari hal tersebut pihak kepolisian akan pengawalan ketat kepada para suporter Pasoepati yang berangkat ke Stadion Maguwoharjo Sleman Rabu (15/3/2023) besok.

Hal ini guna mencegah adanya kejadian bentrok seperti pengalaman sebelumnya. Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi menuturkan pihaknya mencoba meramu guna mewujudkan sepak bola menjadi industri olahraga yang menyenangkan. “Kemarin saya bertemu dengan elemen-elemen suporter persis. Pada markasnya, dengan para koodinator dan ketuanya,” ujarnya Selasa (14/3/2023).

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama ya, bukan berarti kami melempar tanggung jawab, tidak. Tapi kami akan merubah pola bahwa keamanan dan ketertiban itu berasal dari diri suporter itu sendiri,” imbuhnya.

Untuk pengawalan akan pihanya lakukan secara estafet lintas Satlantas wilayah. Baik keberangkatan maupun kepulangan kelompok suporter.

“Saya juga sudah berkoordinasi dengan jalur yang akan mereka lewati mulai dari Polres Sukoharjo, Klaten. Bahkan Kapolres Sleman meyakinkan bahwa di perbatasan Prambanan nanti akan disambut oleh suporter Jogja,” jelasnya.

Hal seperti ini bisa menjadi tunas awal kerukunan antar suporter di dunia sepakbola Indonesia. Dimana Tim tamu disambut tuan rumah.

“Perkara mendukung tim itu hanya masing-masing, tapi mendukung dengan cara-cara yang sportif,” tukas Iwan.

Sementara itu, Wasekjend DPP Pasoepati, Isnaini Muhammad Fatah Romadlon menjelaskan dari hasil koordinasi sementara, Empat elemen pendukung Persis Solo akan berangkat bersama.

“Untuk titik kumpul kita sepakati di Plaza Manahan. Mulai berangkat pukul 11.00 WIB. Ada yang menggunakan motor, ada yang menggunakan mobil,” ujar Isnaini saat MettaNEWS konfirmasi Selasa (14/3/2023).

Suporter Persis sendiri mendapat kuota 5000 tiket dalam laga Persis Arema ini. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. “Kemarin kita diminta satu komando ya, jadi kami besok semua elemen berangkat dari Plaza Manahan. Kemudian kita harus menjaga ketertiban, terutama saat perjalanan baik berangkat maupun pulang,” tukasnya.