Kreatif, KKN PM Unisri Ajak Siswa SDN 1 Andong Boyolali Membuat Pouch Berbahan Daun

oleh
KKN
Pembuatan batik ecoprint oleh anggota kelompok 1 KKN PM Unisri, Clara Karunia di SDN 1 Andong, Senin (14/8/2023) | Dok. Clara

BOYOLALI, MettaNEWS – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengisi program kerja (proker) Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah satunya ialah pembuatan batik ecoprint.

Proker inilah yang dilakukan salah seorang anggota kelompok 1 KKN PM Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Clara Karunia.

Clara sapaan akrabnya mengajak para siswa di SDN 1 Andong, Boyolali Jawa Tengah untuk membuat batik ecoprint berbahan dasar bahan alam daun singkong dan pepaya.

Selain dapat menumbuh kembangkan kecakapan dalam bakat, membatik dengan teknik ecoprint juga mengajarkan pelajar untuk menghasilkan karya ramah lingkungan.

“Salah satu implementasi dari kurikulum merdeka adalah proyek profil pemuda pancasila atau p5. Dengan kegiatan ini harapannya para siswa bisa mengetahui bagaimana cara memanfaatkan tumbuhan menjadi salah satu produk yaitu berupa batik ecoprint. Kegiatan ini juga dapat menumbuhkan karakter dan kreatifitas anak,” ujar Clara, Senin (14/8/2023).

Proses untuk membuat batik ecoprint ini cukup mudah. Mula-mula, para siswa diajak mengumpulkan daun singkong dan pepaya. Daun singkong atau pepaya yang sudah dipetik dan dipilih ini kemudian dibersihkan dari kotoran yang menempel.

“Kita bagikan kain canvas yang sudah di rendam tawas dan dikeringkan. Setelah itu di atas kain tadi kita beri plastik sehingga kain dan daun tersebut tidak mudah goyah untuk kemudian kita pukul dengan palu kayu yang sudah disediakan” terang dia.

Daun yang dipukul di atas kain berbentuk pouch atau tas kecil ini dilakukan agar warna dan motif yang ada di daun tersebut bisa timbul. Proses selanjutnya adalah dijemur atau diangin-anginkan kurang lebih selama 2 jam

Pouch ini nantinya dapat digunakan sebagai tempat pensil atau penyimpanan barang-barang kecil lainnya.

“Puji syukur kepada Tuhan dengan adanya kegitan ini anak-anak senang dan sukses dalam mencoba ecoprint di pouch yang sudah disediakan “ ujar Clara.