Jan Ethes Hafal Nama Tokoh Dunia, Gibran : Sudah Lama Bisanya

oleh
oleh
Jan Ethes naik sepeda
Putra sulung Wali Kota Gibran hafal beberapa nama tokoh dunia | Foto : IG Janethes.com

SOLO, Metta NEWS – Putra Sulung Wali Kota Gibran Rakabuming, Jan Ethes Srinarendra dan putri sulung Kahiyang Ayu, Sedah Mirah baru saja berlibur menghabiskan waktu bersama sang Kakek Presiden Joko Widodo di istana Bogor. 

Seperti biasa, moment kebersamaan Presiden Joko Widodo dan kedua cucunya itu dibagikan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (2/1/2022).

Pada video tersebut terlihat Presiden Joko Widodo berjalan-jalan dengan Jan ethes dan Sedah Mirah. Kedua cucunya tersebut terlihat sangat antusias sepanjang kebersamaannya dengan sang kakek. 

Tidak hanya berjalan-jalan, Ethes dan kakeknya juga bersepeda bersama. Saat beristirahat di hamparan taman, ada yang memberi pertanyaan pada Jan Ethes. 

“Ethes, mau tanya ya, Presiden pertama Republik Indonesia siapa namanya?,” ujar sang penanya. 

“Presiden Soekarno,” jawab Ethes dengan gaya khas anak-anaknya. 

Tidak hanya itu, si penanya juga bertanya nama-nama beberapa tokoh yang dijawab dengan tepat oleh Ethes. 

Video tersebut memperlihatkan kepintaran Jan Ethes menyebut nama-nama tokoh dunia baik mulai dari nama Presiden Indonesia pertama, nama Panglima Besar pertama di Indonesia, nama Presiden Amerika, Presiden Rusia, Cina hingga Perdana menteri India. 

“Soekarno, Jenderal Sudirman, Joe Biden, Putin, Xi Jinping, Narenda Modi,” kata Etehs menjawab pertanyaan.

Sementara itu, ayah Jan Ethes, Gibran Rakabuming ketika dikonfirmasi wartawan soal kepintaran Jan Ethes tersebut mengaku anak sulungnya tersebut bisa sendiri. 

“Isoh dewe (bisa sendiri), diajari ibunya, kalau belajar selalu didampingi ibunya, kadang saya juga mendampingi,” tutur Gibran, Kamis (06/01/2022). 

Gibran menyebut, menghafal nama-nama tokoh seperti presiden dan perdana menteri itu mudah untuk Jan Ethes. 

Gibran mengaku Jan Ethes sudah lama bisa menghafal nama-nama presiden dan nama-nama itu yang paling dihafal sama Jan Ethes. 

“Nama apa aja tho? presiden, perdana menteri, kecil no. Udah lama bisa, gampang. Itu aja yang dia paling hafal,” ungkap Gibran.