Naik Kereta Luxury, Libur Lebaran Semakin Nyaman

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Libur Lebaran semakin berkesan dengan perjalanan bersama Kereta Luxury.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta
Krisbiyantoro menjelaskan, kereta api menjadi moda transportasi favorit di masa Lebaran 2024 ini.

“Kereta api menjadi moda transportasi yang dapat diandalkan apalagi saat ini memasuki libur Lebaran yang sering terjadi kemacetan di jalan,” tuturnya.

Kemudian lanjitnya, juga faktor keselamatan dimana perjalanan kereta api dijaga oleh banyak personel. Ada tim prasarana yang memastikan kondisi rel dan sekitarnya handal dan dapat dilewati dengan baik.

“Ada tim pengamanan yang memastikan kamtib di sekitar jalur KA dalam kondisi aman. Kemudian tim sarana yang memastikan sarana kereta api dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, hampir semua insan KAI di berbagai unit pada masa Angkutan Lebaran ini siap siaga memastikan perjalanan KA aman, nyaman, dan selamat,” tegas Krisbiyantoro.

Selain ketepatan waktu dan keselamatan, juga ada faktor kenyamanan yang tak kalah baiknya ketika menggunakan kereta api. Berbicara kenyamanan, KAI memiliki jenis kelas kereta yang bisa menjadi andalan masyarakat untuk perjalanan di masa Libur Lebaran yaitu kereta Luxury.

“Saat ini kereta Luxury sudah memasuki generasi ketiga yang membawa banyak upgrade. Mulai dari livery eksterior, desain dan warna kursi, pintu-pintu otomatis, air purifier hingga penambahan jumlah toilet,” jelasnya.

Krisbiyantoro mengatakan untuk formasi tempat duduk kereta Luxury ini adalah 2-1 dengan kapasitas 26 penumpang.

“Formasi 2-1 ini tentunya membuat interior terasa lega dan sangat nyaman,” tandasnya.

Bagi penumpang di Daop 6 Yogyakarta yang ingin merasakan kenyamanan lebih pada kereta Luxury dapat menggunakan KA seperti Argo Dwipangga, Argo Lawu, Taksaka, Manahan Tambahan Luxury, dan Gajayana Luxury.

Apa saja fasilitas untuk penumpang kereta Luxury pada perjalanan Lebaran:

1. Makan Gratis

Pelanggan kereta Luxury tidak perlu takut kelaparan. Karena mendapatkan fasilitas welcome drink, snack, dan makan berat secara cuma-cuma.

2. Ditinggal Rebahan dan Selonjoran Sudah Sampai Tujuan

Kursi kereta Luxury memiliki banyak fasilitas. Salah satunya yang membuat pelanggan bisa rebahan dan selonjoran yaitu seat control button dan reclining seat hingga 140 derajat. Ditinggal rebahan dan selonjoran, pelanggan bisa sampai tujuan dengan selamat dan nyaman.

3. AC Dilengkapi Air Purifier

KAI melengkapi AC kereta Luxury dengan air purifier yang membuat udara di dalam kereta lebih segar dan sehat karena mampu menyaring virus dan bakteri.

4. Fitur Lain yang Tak Kalah Seru

Kereta Luxury memiliki berbagai macam fitur lainnya yang dapat menunjang kenyamanan pelanggan selama perjalanan libur Lebaran seperti Multimedia on Demand, tampilan PIDS, lampu baca, toilet mewah, USB Charger Port di kursi dan dinding, kaca tempered double glass, hingga ruang tunggu Luxury yang nyaman.