Mahasiswa UMS Ciptakan Program ‘Diary Keuangan’ Bagi Siswa SD

oleh
oleh
Diary Keuangan untuk anak SD
Diary Keuangan untuk anak SD

SOLO, Metta NEWS – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta menciptakan program “Diary Keuangan” untuk mengajarkan anak – anak dalam mengelola uang saku dan melatih berwirausaha khususnya bagi siswa sekolah dasar kelas 4. Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pabelan 03 Mendungan Pabelan, Sukoharjo. 

Menabung adalah salah satu cara dalam pengelolaan keuangan yang bertujuan untuk menyiapkan dana cadangan di masa depan untuk menjamin kestabilan keuangan. Secara tidak langsung menabung dapat membantu mengetahui tentang prioritas dalam keuangan.

Diary Keuangan merupakan hasil kreasi dari Tim PKM-PM mahasiswa UMS program Ekonomi Akuntansi, Psikologi angkatan 2018 yang memiliki kelebihan selain untuk menabung juga mengajarkan untuk berwirausaha dengan keterampilan yang dimiliki anak anak dan membuat anak dapat mengendalikan diri dengan menggunakan skala prioritas kepada anak anak.

Anggota PKM PM Maulina Salma Khairunnisa berharap dengan adanya buku saku Diary Keuangan membantu anak untuk rajin menabung dan mengatur uang dengan baik.

“Diary Keuangan memiliki tujuan menumbuhkan karakter yang baik dan memperkenalkan pentingnya mengelola uang saku pada anak, melatih dan menumbuhkan jiwa dalam berwirausaha kepada siswa. Mengajari siswa untuk menerapkan program dalam kehidupan,” tutur Salma.  

Program ini digunakan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan di bidang pengabdian masyarakat dan dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya Diary Keuangan dapat membuat anak rajin menabung dan mengelola uang mereka dengan baik,” terang Salma.

Program ini memiliki tujuan diantaranya adalah menumbuhkan karakter yang baik dan memperkenalkan pentingnya mengelola uang saku pada anak. Melatih dan menumbuhkan jiwa dalam berwirausaha kepada siswa. 

“Dari program ini diharapkan siswa dapat menerapkan dalam kehidupan nyata mereka, sehingga dapat membantu anak – anak untuk mengelola uang saku dengan bijak dan melatih keterampilan berwirausaha pada siswa. Selain itu, program ini juga dapat membentuk siswa untuk lebih mandiri, jujur, dan bertanggung jawab,” papar Salma.

Anisa Laras siswi kelas 4 SD Pabelan 03 mengungkapkan rasa bahagia bisa belajar menabung dan kelak dapat membeli barang yang diinginkannya saat tabungannya terkumpul dan dapat buku tabungan yang lucu.

“Senang banget dapat buku tabungan lucu dan bisa belajar menabung buat beli barang yang aku pengen,” kata Laras.

No More Posts Available.

No more pages to load.