Kampanye di Jakarta, Gibran Ambil Cuti 3 Hari

oleh
oleh
Gibran
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming cuti untuk kampanye di Jakarta | MettaNEWS / Puspita

SOLO, MettaNEWS – Kampanye di Jakarta, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali mengambil cuti 3 hari. Gibran izin tidak menjalankan tugasnya sebagai wali kota mulai Senin hingga Rabu (15-17 Januari 2024). Cuti Gibran ini terkait aktivitas kampanye sebagai calon wakil presiden berpasangan dengan calon presiden Prabowo Subianto.

Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Surakarta Herwin Tri Nugroho Adi menyampaikan perihal cuti wali kota ini.

“Mas Wali ambil cuti untuk kampanye. Untuk tanggal 15-17 Januari 2024,” kata Herwin, Senin, (15/1/2024).

Herwin mengatakan pengajuan cuti kepada Plt Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana tersebut pada Rabu, (10/1/2024).

“Dari pengajuan itu, hari Kamis (11/1/2024) sudah disetujui oleh Pak Gubernur,” jelas Herwin.

Herwin menyampaikan, dalam keterangan surat cuti tersebut tertulis untuk melakukan kampanye di wilayah DKI Jakarta.

“Kalau menurut izin cutinya untuk kampanye di Jakarta dan sekitarnya,” tuturnya.

Selama Gibran tidak masuk kerja, tugas-tugas kepala daerah telah dilimpahkan pada Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa sebagai pelaksana harian (Plh) Walikota. Herwin mengungkapkan jika selama tiga hari ke depan untuk Pemerintahan Kota Solo tidak ada jadwal besar ataupun peresmian oleh Wali Kota.

“Tidak ada jadwal (besar), seluruh tugas sudah ke Pak Wakil sebagai pelaksana harian,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Teguh Prakosa mengatakan dengan cutinya Gibran maka tugas pemerintahan akan ia laksanakan hingga Rabu lusa. Menurutnya pemerintahan tetap berjalan meski Gibran cuti.

“Sebetulnya tidak ada (gangguan) ya artinya kenapa ada wakil. Saya kira nggak ada masalah yang penting kan wakil wali kota tidak menandatangani kebijakan apapun. Kita kan melaksanakan keseharian jadi kebijakan yang sudah dicanangkan jadi program, kami tinggal pengawasan saja,” pungkasnya.