Iqbal Febrian, Penyiar Metta Solo FM Sabet Juara I Apresiasi Duta Genre Jawa Tengah

oleh
iqbal febrian duta genre
Iqbal Febrian menerima piala Duta Genre Jawa Tengah 2023 dari Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, Kamis (9/3/2023) | dok BKKBN Jateng

SEMARANG, MettaNEWS – Iqbal Febrian, penyiar Radio Metta Solo FM berhasil menyabet Juara I putra Apresiasi Duta Genre (Generasi Berencana) Jawa Tengah, mewakili Kota Solo. Wakil Solo lainnya, Silvia Octaria Cahaya, meraih posisi Juara III putri.

“Barusan pemenangnya diumumkan, Iqbal menang. Ini berarti selama setahun ke depan dia akan menjadi Duta Genre untuk Jawa Tengah, dan tentunya maju ke pemilihan tingkat nasional,” tutur rekan Iqbal, Ira Rahayu yang menyaksikan ajang pemilihan tersebut, Kamis (9/3/2023) siang.

Ira Rahayu alias Rara yang juga penyiar di Metta Solo FM dan terpilih sebagai juara favorit Apresiasi Duta Genre Kota Solo, bulan Juni 2022 lalu memaparkan, ada berbagai syarat untuk mencapai posisi Duta Genre.

Pertama, ujar Rara, Iqbal Febrian dan Silvia Octaria Cahaya yang meraih juara I putra dan putri di pemilihan Duta Genre tingkat Kota Solo, harus menjalani karantina di Semarang sejak tanggal 7-9 Maret.

“Selama karantina, mereka menjalani tes tertulis, wawancara, uji bakat. Juga ada pelatihan koreografi untuk tampil di pentas. Mereka diseleksi ke 10 besar, 5 besar dan akhirnya 3 besar putra-putri. Alhamdulillah, Iqbal juara I,” tuturnya.

Para pemenang, akan bertugas selama setahun sebagai Duta Genre. Mereka akan menjadi role model bagi generasi muda untuk Triad KRR, singkatan dari tiga aturan dasar kesehatan reproduksi remaja.

“Ketiga aturan dasar itu say no to drugs, say no to free sex dan say no to early marriage. Program ini memang berada di bawah BKKBN,” papar Rara.