IPSI Gelar Kejuaraan Nasional Pencak Silat 11-14 September di Solo, 681 Atlet Bergabung

oleh
Pencak silat

SOLO, MettaNEWS – Sebanyak 681 atlet dari 32 Provinsi di Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) pencak silat 2023 di Edutorium UMS Solo, Jawa Tengah, pada 11-14 September mendatang.

“Kegiatan ini, menjelang babak kualifikasi sebelum ke PON XXI yang digelar di Aceh Sumatera Utara pada 2024,” kata Ketua Umum IPSI Jateng sekaligus wakil ketua pantia, Harry Nuryanto saat jumpa press di Edutorium UMS, Rabu (6/9/2023).

Melalui Kejurnas pihaknya akan menjaring para atlet pencak silat yang akan bertandingan di PON ke-XXI 2024 Aceh babak penyisihan. Adapun 681 atlet ini terbagi menjadi 409 atlet putra dan 272 atlet putri.

“Target para atlet pencak silat Jateng bisa lolos sebanyak-banyaknya. Dan bisa berangkat semua pada kegiatan PON tahun mendatang. IPSI Jateng diharapkan sebagai tuan rumah bisa meloloskan semua atlet yang dimajukan dan dapat sesuai harapan minimal 33 medali emas,” kata Harry.

IPSI Jateng akan mengirimkan 14 atlet putra dan 10 atlet putri untuk mengikuti 12 nomor pertandingan. Termasuk enam nomor seni yang dipertandingkan.

“Jumlah atlet yang ikut merata ada Jatim, Jabar dan sebagainya. Kami tetap optimistis sebagai tuan rumah bisa meningkatkan prestasi di Jateng. Atlet unggulan Jateng ada banyak ada empat atlet yang sudah masuk tanpa ikut ke babak kualifikasi ini,” terangnya.

Ada empat atlet yang siap ikut PON 2024 di Aceh. Mereka ialah Mustakim, Safira, Afifa dan Tito. Keempat atlet Jateng ini optimis bisa mendapatkan medali emas untuk Jateng. Keberhasilan Kejurnas IPSI ini menentukan kejuaraan pencak silat dunia  untuk digelar di Solo.