Hobi Belanja? Perhatikan Tiga Hal Ini Supaya Tetap Asyik Terkendali

Belanja
Ilustrasi hobi belanja | SIRCLO

SIAPA yang tidak suka belanja? Hampir semua orang menyukai aktivitas yang satu ini. Baik untuk memenuhi kebutuhan atau hanya untuk bersenang-senang. Ada orang yang menuruti keinginannya untuk belanja, dan ada sebagian lain yang memilih untuk menahan keinginan tersebut demi kebutuhan yang lain. 

Namun pada dasarnya, kendali terbaik perihal belanja berada di diri sendiri. Menyenangkan diri sendiri dan memberikan apresiasi kepada diri sendiri juga bukan merupakan hal yang keliru. Namun jika aktivitas berbelanja ini jadi melupakan skala prioritas maka akan berpengaruh ke keungan.

Alih-alih membeli barang yang penting, terkadang seseorang tergoda untuk membeli barang yang sedang tren atau lucu. Tanpa melihat manfaat dan mempertimbangkan harga maka aktivitas ini dapat membuat sistem keuangan berantakan. Banyak pengeluaran yang tak terduga sehingga menyebabkan kebutuhan pokok lainnya justru terganggu.

Nah untuk menghindari hal itu terjadi.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dan selalu ingat ketika Anda senang berbelanja.

Kontrol keuangan

Memegang kendali keuangan dengan baik dapat membantu pengeluaran yang tak terkira. Meskipun memiliki uang, namun aktivitas menghambur-hamburkan uang hanya akan menyisakan kesusahan di kemudian hari. Ingat juga banyak kebutuhan lain yang harus Anda tutup nantinya. 

Ketika Anda bisa mengontrol keuangan dengan baik, berapa uang untuk belanja, untuk ini dan itu, maka keuangan akan tetap aman meskipun keinginan disalurkan. 

Tapi ketika kamu menuruti keinginan berbelanja tanpa melihat isi kantong dan kebutuhan yang lainnya, maka akan sangat mungkin keuanganmu menjadi kacau. Anda sendiri yang akan kerepotan nantinya. 

Belanja pintar

Jangan asal beli dan beli saja. Ketika Anda memang suka belanja, maka kamu harus belajar bagaimana bisa berbelanja dengan pintar. Misalnya, dengan mencari gratis ongkir, mencari diskon, membandingkan dengan berbagai toko lain, mengumpulkan cashback, dan lain sebagainya. 

Dengan menerapkan belanja dengan trik dan tips yang tepat, maka belanja akan menjadi lebih hemat. Sayang sekali kalau uang yang Anda keluarkan untuk satu hal, ternyata bisa untuk mendapatkan banyak hal jika dilakukan dengan bijak, kan?.

Makanya, Anda juga harus rajin mencari informasi yang akan memberikan keuntungan kepada Anda ketika melakukan transaksi ataupun belanja. 

Enjoy 

Terakhir, kalau Anda memang suka, maka lakukan dengan santai atau enjoy saja. Kadang, ada beberapa dari kita yang ingin belanja tapi mikirnya sampai ribuan kali. Karena merasa khawatir tetangga akan iri, akan jadi perbincangan tentangga, dan lain sebagainya. 

Ketika Anda memang suka, maka segala komentar orang lain adalah sebuah risiko yang akan menjumpai kamu di mana pun tempatnya. Oleh karena itu, bersiap diri dengan enjoy menjalani setiap komentar orang lain. Asalkan diri sendiri tidak membuat kerugian kepada siapapun. 

Jadi, itu dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda senang berbelanja. Selalu happy, ya!