6 Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan

hujan
Freepik

CUACA seringkali tak menentu. Dari yang awalnya cerah tiba-tiba turun hujan saat suhu udara justru sedang panas-panasnya. Atau usai hujan turun cuaca kembali panas. Cuaca yang tidak menentu ini membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Untuk itu menjalankan pola hidup sehat adalah dasar dari menjaga tubuh tetap fit. Lalu  apa yang harus dilakukan?. Berikut 6 cara mudah menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan :

Makan Makanan yang Bergizi

Sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Jadi, pastikan tubuh kamu kamu selalu menerima asupan nutrisi yang seimbang. Kamu bisa konsumsi daging, susu, telur, atau ikan untuk sumber protein, dan karbohidrat dari nasi, kentang, oat, atau roti gandum untuk memberikan kamu energi. Jangan lupa selalu konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat prebiotik, vitamin, mineral, serta berbagai antioksidan.

Olahraga Rutin

Selain makan makanan yang bergizi, kamu juga perlu rutin olahraga agar tubuh tetap aktif, sehat, ideal, dan bugar. Olahraga juga dapat mencegah berbagai macam penyakit dan mengurangi stres. Biasakan luangkan waktu setiap harinya selama 20-30 menit untuk menggerakan tubuhmu. Tak perlu yang berat, kamu bisa hanya berjalan kaki atau pilih jenis olahraga lainnya yang kamu sukai.

Perbanyak Minum Air Putih

Boba dan kopi-kopi kekinian memang selalu membuat kita tergoda. Tapi, jangan lupa untuk perhatikan asupan air putih juga, karena dengan tercukupinya air dalam tubuh, fungsi organ kita pun akan bekerja secara maksimal. Sesuaikan kebutuhan cairan ini dengan berat tubuh dan intensitas kegiatan kamu. Jika kamu banyak beraktivitas, tentunya kamu perlu mengonsumsi air putih lebih banyak.

Kelola Tidur dengan Baik

Jangan pernah meremehkan tidur, karena manfaatnya sangat besar bagi tubuh kamu. Tidur jadi kunci dari kekebalan tubuh yang kuat, meningkatkan daya ingat, dan bisa menjadi pengendali nafsu makan. Untuk orang dewasa, kamu perlu tidur minimal 8 jam setiap hari. Orang yang tidurnya kurang dari 6 jam setiap malam akan 4 kali lebih mudah mengalami flu, dibandingkan yang tidurnya cukup. Jadi, mulai pertimbangkan kembali pengelolaan tidurmu dengan baik ya.

Mengelola Stres

Empat kegiatan di atas sudah kamu lakukan dengan baik dan rutin, namun kamu masih sering pusing dan banyak pikiran? Hati-hati, stres malah membuatmu mudah terserang penyakit. Stres sudah terbukti dapat mengganggu sistem imun tubuh. Orang yang stres dapat melepas dan mengurangi kemampuan hormon kortisol yang bisa melawan peradangan dan penyakit.

Jangan Memaksakan Diri Menembus Hujan

Bagi pengendara roda dua atau pengguna jasa transportasi menggunakan jas hujan atau menggunakan payung saat hujan saja tak cukup untuk menghindari hujan. Seringkali hujan yang turun terasa begitu dingin. Meski telah menggunakan jas hujan, dinginnya air hujan tetap dirasakan. Maka ada baiknya untuk berteduh saja saat hujan. Cara ini bisa Anda terapkan apabila Anda sedang tidak terburu-buru datang ke suatau acara. Usahakan badan Anda tetap hangat dengan berada di ruangan yang aman dari terpaan air hujan. Minum atau makanan yang hangat akan membantu tubuh tidak kedinginan selama hujan.