Ayo Tonton Surat Cinta untuk Mama, Drama Musikal dari Anak Panti Asuhan yang Ingin Berubah

surat cinta untuk mama
Poster by MettaNews/ Yohanes Ronny

SOLO, MettaNEWS – Sebuah drama musikal akan tampil di The Park Mall, Solobaru, Jumat-Sabtu (11-12/11/2022) pukul 19.00. Gelaran drama bertajuk Surat Cinta untuk Mama ini menarik untuk asupan hiburan keluarga, antara lain karena pemainnya anak-anak panti asuhan. Terlebih, jika kita mau sedikit menyimak proses yang menyertainya.

“Dramanya pasti bagus, berkualitas untuk hiburan sekeluarga. Para pemainnya dari panti asuhan Karuna Putra dan Putri. Mereka dibimbing oleh para profesional dari Yayasan Prima Unggul, Jakarta,” tutur Danny Johannes, Business & Marketing Direktor The Park Mall mengenai pentas tersebut. Pentas ini mendapat dukungan dari Yayasan Metta Care Indonesia, serta sejumlah sponsor seperti Aerosrett, Tini Wini Biti, Konicare, Semar Nusantara, Kanimals, BenApik, Sync Production, Phalosa Indonesia, Ari & Friends Orchestra dan lain-lain.

Tentang alur cerita yang disajikan, Danny mempersilakan publik untuk hadir langsung di The Park Mall. Namun, dia memastikan pentas Surat Cinta untuk Mama mampu menyajikan hiburan sekaligus pelajaran tentang nilai-nilai kehidupan untuk semua.

Sumartono Hadinoto, pimpinan yayasan Panti Asuhan Karuna Putra dan Putri kepada MettaNews memaparkan, ada proses panjang di balik pentas drama Surat Cintauntuk Mama.

“Kami lama berkecimpung dalam dunia relawan sosial termasuk mengelola panti asuhan. Selama ini, stigma masyarakat terhadap anak-anak panti tidak terlalu bagus. Mereka dianggap beban, tidak produktif, perlu dikasihani dan sebagainya,” ujarnya.

Sumartono mengibaratkan, kehidupan anak panti asuhan bagikan ikan hiu yang dipelihara dalam akuarium. Setiap hari tidak terlatih mencari makan, karena ada yang memberi. Maka, ketika pada waktunya harus dilepaskan ke laut, ikan hiu justru mati karena tidak terbiasa berburu makanan.

Dengan kondisi seperti itu, Sumartono berharap bisa meniru langkah yang dilakukan Yayasan Prima Unggul, panti asuhan yang sama sekali berbeda. Sejak tahun 2011, perintis yayasan Martinus Mesarudi Gea mendirikan panti asuhan yang sekaligus sebagai ajang pelatihan bisnis dan wirausaha.

Dengan pelatihan itu, anak-anak panti di Yayasan Prima Unggul mampu mengelola berbagai bisnis untuk kehidupan panti. Di antaranya, kelompok drama musikal yang kualitasnya layak tampil di berbagai event berkelas, bahkan pernah disaksikan oleh Presiden Jokowi.

“Semangat dan kemampuan luar biasa ini kami harapkan menular. Dari Yayasan Pria Unggul kami belajar, bukan saja tentang drama musikal. Nanti panti asuhan Karuna diharapkan juga meniru seluruh spirit dan mengembangkan diri seperti mereka,” tandas Sumartono.