Wisata Baru di Boyolali, Keliling Kecamatan Cepogo Naik Jip Terbuka

oleh
Wisata baru di Boyolali, Candi Lawang
Salah satu objek wisata bernilai sejarah di Kecamatan Cepogo, Candi Lawang di Desa Gedangan. | MettaNews/Ari Kristyono

BOYOLALI, MettaNEWS –  Keindahan alam di lembah Gunung Merapi-Merbabu semakin terjangkau dengan adanya wisata baru di Boyolali.  Dari Kecamatan Cepogo, wisatawan kini bisa menjelajahi keindahan lereng Gunung Merapi-Merbabu menggunakan kendaraan segala medan, jip terbuka.

Bupati  M Said Hidayat meresmikan wisata baru di Boyolali itu, Sabtu (16/9/2023) lalu. Dia bersama istrinya, Wakil Bupati Wahyu Irawan dan sejumlah pejabat Pemkab Boyolali sempat menjajal wisata yang melibatkan sejumlah offroader setempat.

“Saya menyambut gembira adanya wisata baru di Boyolali. Kita mulai dari Cepogo. Harapan kita dengan apa yang sudah ada, suasana yang menyejukkan ini dapat dinikmati oleh masyarakat. Dan pada akhirnya nanti masyarakat luar tertarik datang untuk menikmati suasana alam dan kekayaan lokal kita,” kata Bupati Said.

Baca juga: Boyolali Siapkan Rp 976 Juta untuk Patung Jari Metal di eks Pasar Mojosongo

Terpisah, Camat Cepogo Dwi Sundarto mengungkapkan dengan biaya Rp 400 ribu, pengunjung bisa naik jip terbuka yang berkapasitas tiga penumpang berkeliling Kecamatan Cepogo.

“Jarak tempuh yaitu 25 kilometer dengan durasi waktu 1,5-2 jam. Fasilitas itu nanti dalam satu jip ada air mineral dan satu keranjang sayur sebagai suvenir untuk wisatawan,” ujarnya.

Kecamatan Cepogo di lembah Gunung Merapi-Merbabu, terletak di ketinggian lebih kurang 900 meter di atas permukaan laut. Dengan udara sejuk alam pegunungan dan kawasan pertanian sayur yang luas, menarik untuk menjelajahi 15 desa yang ada di sana.

Baca juga: Indahnya Wisata Baru Oase Park di Boyolali

Terlebih, di Cepogo ada beberapa objek wisata bernilai sejarah seperti patirtan Cabeyan Kunthi, Candi Lawang, Pesanggrahan Paras peninggalan Sinuhun Pakubuwono X dan sebagainya. Juga ada desa perajin tembaga Tumang yang produknya sudah terkenal sampai ke manca negara.