Unisri Raih Juara 1 Lomba Inovasi Mahasiswa Tingkat Nasional, Lewat Karya Modifikasi Pangan

oleh
oleh
Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pangan Unisri rah juara 1 Lomba Inovasi Mahasiswa Nasional | dok Unisri

SOLO, MettaNEWS – Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta sabet juara I lomba Inovasi Mahasiswa Tingkat Nasional. Lomba Inovasi Mahasiswa Tingkat Nasional terbagi menjadi beberapa kategori ini berlangsung di Universitas Tidar Magelang, Jumat (3/11/2023).

Peserta adalah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Pada lomba tersebut mahasiswa Fatipa Unisri yang beranggotakan Eko Pramudya Ramadhani (ketua) dan tiga anggota antara lain Akbar Fitriyanto, Faizal Julianto, Oktina Nugraheni. Tim ini mengajukan karya inovatifnya berupa yoghurt yang dimodifikasi dengan penambahan klorofil daun suji.

Menurut ketua Tim Eko Pramudya, selama ini yoghurt yang ada di pasaran hanya terbuat dari susu yang fermentasi saja. Namun dengan penambahan klorofil akan meningkatkan nilai manfaat dari yoghurt. Dan juga memberikan warna alami pada yoghurt. Yoghurt memberikan manfaat kesehatan yang baik khususnya dalam memperbaiki pencernaan manusia dan menjaga keseimbangan microbiota di dalam tubuh.

“Penambahan klorofil akan memberikan manfaat lebih berupa kemampuan sebagai antioksidan, termasuk juga antikanker. Dari hasil penelitian yoghurt klorofil ini memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi bandingannya daripada yoghurt yang ada di pasaran,” jelas Eko.

Dalam lomba ini tim dari Fatipa Unisri berhasil meraih juara pertama dalam lomba inovasi tersebut untuk kategori pangan.

Dekan Fatipa Dr. Nanik Suhartatik, STP.MP menyatakan bahwa fatipa selama ini berusaha mencetak mahasiswa yang kreatif.

“Unisri terus berusaha mencetak mahasiswa yang dapat menciptakan temuan – temuan baru pada bidang pangan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.