Tips Mencegah Kecanduan Ponsel Agar Tak Sampai Merusak Pertemanan

oleh
Ilustrasi/kkl univet


KECANDUAN ponsel hingga melupakan dan mengabaikan orang di skeitarnya disebut phubbing. Pengidapnya dapat mengalami ketagihan atau adiksi, sehingga mereka akan terus-menerus melakukan hal ini saat bersama siapa pun.
Efek negatif phubbing sangat beragam mulai dari merusak hubungan pertemanan hingag penyakit psikis. Untuk itu diperlukan cara untuk mengatasimya.
Dikutip darri website alodokter, ada beberapa cara mengatasi perilaku phubbing, di antaranya:

  1. Simpan ponsel di dalam tas saat sedang bersama orang lain
    Saat sedang menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, atau orang terdekat lainnya, usahakan untuk menyimpan ponsel di dalam tas. Pusatkan perhatian Anda kepada lawan bicara, dan dengarkan apa yang mereka katakan. Jadikan diri Anda sebagai tempat ternyaman bagi orang lain untuk bercerita.
  2. Tantang diri sendiri
    Jika Anda masih belum bisa menghentikan perilaku phubbing, cobalah untuk menantang diri sendiri dan berikan hadiah kecil saat berhasil menyelesaikan tantangan.
    Misalnya, tantang diri Anda untuk tidak memeriksa ponsel saat sedang bersama orang lain. Jika berhasil melakukannya, manjakan diri Anda dengan menonton film favorit ataupun melakukan perawatan rambut di salon.
  3. Jadikan meja makan sebagai zona terlarang untuk memainkan ponsel
    Saat menikmati hidangan di mana pun, baik di restoran maupun di rumah, jadikan meja makan sebagai area terlarang untuk memeriksa ponsel. Aktifkan mode sunyi pada ponsel sehingga bunyi panggilan ataupun pesan tidak mengganggu aktivitas makan Anda bersama orang-orang terdekat.
  4. Tingkatkan kontrol diri
    Kemampuan untuk mengontrol diri adalah cara terbaik untuk mengatasi perilaku phubbing. Sadarilah bahwa manusia adalah makhluk sosial, sehingga Anda dan orang lain akan saling membutuhkan. Phubbing hanya akan merusak hubungan yang sudah terjalin baik dan membuat orang lain tidak nyaman saat bersama Anda.

No More Posts Available.

No more pages to load.