Jangan Dikit-dikit Obat, Ini 6 Cara Bantu Turunkan Demam Anak

oleh
demam
Ilustrasi | winnetnews.com

SOLO, MettaNEWS – Pada musim penghujan seperti saat ini, semua orang termasuk anak-anak jadi lebih rentan terkena penyakit. Mulai dari flu, batuk, demam hingga demam berdarah.

Terlebih saat ini, beberapa obat mendapatkan kasus tidak baik untuk anak-anak, salah satunya paracetamol sirup. Yang sementara ini obat tersebut dihindari untuk mengobati demam buah hati. Kalau menghindari obat harus bagaimana menyembuhkannya?.

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk menangani atau menyembuhkan demam pada anak tanpa mengkonsumsi obat. Dari Informasi yang dihimpun MettaNEWS terdapat 6 cara menangani demam anak, diantaranya :

 

1. Kompres mengunakan air hangat

Mengompres merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk menurunkan panas pada anak. Ini bisa dilakukan jika panas atau demam yang anak alami hanya bersifat sementara.

Mengompreskan air hangat pada anak bisa jadi sangat efektif untuk jangka pendek. Tapi, dalam beberapa kondisi mungkin kurang maksimal manfaatnya. Jika kondisi buah hati belum segera membaik bisa langsung mengonsultasikannya pada dokter.

 

2. Perbanyak minum air putih

Obat alami dari berbagai macam penyakit adalah air putih. Begitu juga ketika seorang anak mengalami demam. Anak-anak harus terus dianjurkan memperbanyak minum air putih.

Cara ini juga dapat mencegah anak dehidrasi, selama demam. Jangankan sedang sakit, saat sehat saja tubuh membutuhkan asupan cairan ke dalam tubuh. Air putih juga bisa dilengkapi dengan makanan yang mengandung air seperti sup.

 

3. Gunakan pakaian tipis dan hindari memakai pakaian tebal

Kebanyakan orang ketika demam mengalami kedinginan namun hal tersebut direkomendasikan. Kenyataannya, dalam kondisi tubuh yang memanas, lebih baik menghindari pakaian tebal.

Pakaian yang tebal justru akan membuat anak merasa tidak nyaman. Karena tubuhnya menjadi sulit mengeluarkan panas. Kemudian memerlukan waktu yang lebih lama untuk menurunkan demam.

 

4. Mandi mengunakan air hangat

Jika anak mengalami demam, perlu ada kebiasaan tertentu yang diubah. Anak mungkin sebelumnya terbiasa mandi dengan air dingin. Ketika demam coba ubah air dingin dengan air hangat.

Memandikan anak dengan air hangat dikenal juga cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat. Air hangat yang bersentuhan dengan kulit memicu penurunan suhu tubuh. Setidaknya suhu anak dapat turun 1 sampai 2 derajat Celsius selama kurang lebih 20 hingga 45 menit.

 

5. Memberikan makanan halus untuk anak

Pada saat sakit, tubuh bisa jadi tidak dapat bekerja optimal. Seperti sistem pencernaan, kualitasnya dapat menurun ketika demam. Pada saat seperti ini, sebaiknya kamu membiarkan anak mengonsumsi makanan halus.

Makanan halus menjadi salah satu pilihan cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat. Trik ini dapat membantu anak tetap makan walaupun nafsu makan berkurang. Tentu harus dilengkapi dengan upaya-upaya lain agar manfaatnya terasa secara maksimal.

 

6. Beristirahat dengan cukup

Terakhir, istirahat yang cukup adalah cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat. Ketika anak mengalami demam, itu artinya tubuh sedang kelelahan. Sakit adalah respon tubuh lelah setelah bekerja secara maksimal setiap harinya.

Anak yang mengalami demam perlu istirahat atau tidur sebanyak yang ia bisa. Tentu tidak mungkin anak tidur setiap waktu. Anak juga masih bisa beraktivitas agar tidak bosan, tapi yang ringan saja seperti mewarnai. Yang terpenting adalah kurangi dulu aktivitas fisik.

Itulah enam cara cepat menurunkan panas pada anak tanpa obat yang bisa dilakukan ketika anak mengalami demam.

Jika dalam beberapa hari demam tidak kunjung turun, konsumsi obat bisa menjadi pilihan. Konsultasikan ke dokter juga jika dibutuhkan.