Tinjau Taman Balekambang, Wali Kota Gibran Berharap Buka Sebelum Idul Fitri

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming meninjau Taman Balekambang Solo, Selasa (13/2/2024).

Gibran berharap sebelum lebaran 9 sudah bisa dikunjungi untuk umum.

“Kalau bisa sebelum itu (puasa) sudah¬†ready biar bisa dinikmati pemudik. Pas libur lebaran juga semoga bisa,” kata putra sulung Presiden Jokowi ini.

Gibran menyebut usai Kementerian PUPR menyerahkan Balekambang ke Pemkot Solo akan menjadi tugas dari masyarakat untuk mengisinya.

“Kita revitalisasi dengan baik dan nanti tinggal tugas kita, tugas masyarakat, para budayawan, seniman membantu merawatnya dan mengisi dengan konten-konten yang kreatif ya. Seperti gamelan, wayang orang, ketoprak, atau mungkin aktivitas-aktivitas lain yang melibatkan anak-anak muda dan teman-teman kreatif lainnya,” jelasnya.

Gibran menyampaikan nantinya untuk pengelolaan akan menggandeng pihak ketiga.

“Nanti akan di kelola profesional. Balekambang juga belum seleaai. Nanti kan masih kita perbaiki kolam renangnya. Juga pasar ikannya akan kita perbaiki jadi lebih moderen,” jelasnya.

Sementara itu untuk APBD Gibran mengatakan belum ada penetapan target APBD dari Balekambang.

“Ya nanti ya sambil jalan (APBD). Pokoknya ini nanti bisa jadi destinasi baru kebanggaan warga Solo,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Balai Perencana Pembangunan Wilayah Jawa Tengah (Kemen PUPR), Kuswara mengatakan untuk pekerjaan di Taman Balekambang secara fisik sudah selesai.

“Ya perbaikan kecil-kecil seperti cat kusam, ada pohon roboh, batu yang pecah. Juga¬† kerusakan kecil, tidak ada yang signifikan,” pungkasnya.