Wajah Baru Balekambang Solo, Ada Air Mancur Menari, Buka Hingga Jam 9 Malam

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Pemerintah Kota Surakarta persiapan membuka Taman Balekambang Solo. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aryo Widyandoko menyampaikan sebelum dibuka untuk masyarakat umum, pihaknya mengundang sekolah, event organizer, wedding organizer, pegiat media sosial dan wartawan. Untuk menyerap aspirasi, saran dan masukan.

“Balekambang masih belum bisa dibuka untuk umum. Karena belum ada serah terima dari Kementerian ke Pemkot Solo. Untuk pengaturannya juga masih harus kami pikirkan,” ujar Aryo, di Taman Balekambang Senin (12/2/2024).

Aryo mengungkapkan dengan mengajak pegiat pariwisata, EO, WO, MC dan media massa untuk melihat potensi Balekambang kedepannya seperti apa.

“Sekaligus memberi masukan ke kami apa-apa yang dirasa idealnya bagaimana untuk melayani warga secara maksimal,” ujar Aryo.

Terkait kepastian pembukaan, Aryo belum bisa memastikan.

“Secepatnya, HUT Kota Solo belum, Lebaran semoga ya. Tapi tidak berani info dulu kepastiannya,” terang Aryo.

Aryo menyebut secara umum renovasi Balekambang sudah selesai. Hanya mungkin perlu perbaikan minor-minor saja.

“HTM sesuai Perda, tiket masuknya Rp. 5000,- untuk lokal. Untuk wisatawan mancanegara Rp 25.000,-. Tapi seperti apa pelaksanaannya harus kami tata ulang dulu. Kalau misal yang pegang pihak ketiga tentunya ada proses tidak bisa langsung menyesuaikan sendiri,” jelasnya.

Tahun ini lanjut Aryo, Taman Balekambang belum masuk dalam target APBD. Renovasi Taman Balekambang sendiri menelan biaya Rp 165 miliar.

Rencananya Taman Balekambang akan buka hingga jam 9 malam.

Dengan beberapa fasilitas baru yakni gedung pertunjukan, gedung grastonomi (untuk makan), open stage yang bisa memuat ribuan orang.

“Pak Wali menginginkan kesan tradisionalnya harus tetap ada. Apakah ketoprak atau kesenian yang lain masih kita pertimbangkan dulu,” pungkasnya.