Terminal Tirtonadi Siapkan 60 Kantong Parkir Gratis untuk Bus Pengantar Jemaah Haji

oleh
Haji
Puluhan bus jemaah haji terparkir di kantong parkir Terminal Tirtonadi, Minggu (19/5/2024) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Terminal Tipe A Tirtonadi menyiapkan 60 ruang parkir gratis bagi bus pengantar jemaah hajiĀ  yang akan melanjutkan berwisata ke Kota Solo.

Hal ini dilakukan lantaran biasanya rombongan pengantar calon jemaah haji rata-rata melanjutkan perjalanan sekalian berwisata di Kota Solo, usai mengantar ke Asrama Haji Donohudan Boyolali.

“Berdasarkan pengalaman tahun lalu, pada musim haji 2023 terjadi lonjakan jumlah bus yang masuk ke Terminal Tirtonadi, terutama saat pengantaran jamaah Haji, maupun saat penjemputan jamaah Haji. Biasanya mereka sekalian berwisata ke Kota Solo. Karenanya kita siapkan lahan parkir yang kita miliki, untuk menampung bus pariwisata khususnya yang akan menuju Masjid Syeikh Zayed,” ujar Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono, Minggu (19/5/2024).

Terminal Tirtonadi mampu menampung hingga 60 bus dalam sehari. Bus tersebut akan diparkirkan di sisi timur shelter penurunan penumpang.

“Kita siapkan 50-60 satuan ruang parkir, bagi pengunjung Masjid Syeikh Zayeed. Sebagai catatan juga, parkir di dalam Terminal Tirtonadi tidak dipungut biaya, alias gratis,” kata dia.

Bandi memperkirakan kedatangan wisatawan akan terjadi pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu setiap pekannya, selama musim haji. Pada hari sabtu (18/5/2024) tercatat ada 7 bus pariwisata pengantar jamaah haji yang masuk ke Tirtonadi. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat pada hari ini.

“Sejak Masid Syeikh Zayeed diresmikan pertama kali pada 2023, Terminal Tirtonadi diminta oleh Pemerintah Kota Surakarta untuk menjadi salah satu alternatif lokasi parkir bagi bus pariwisata yang akan menuju Wisata Religi Masjid Syeikh Zayeed di Gilingan,” terangnya.

“Selain itu di Terminal Tirtonadi juga ada shuttle bus yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang akan mengantar pengunjung pulang-pergi dari dan ke masjid Zayeed,” pungkasnya.