Siapkan Generasi Mumpuni DPR RI Ajak Mahasiswa Implementasikan 4 Pilar Kebangsaan dalam Keseharian

oleh
oleh
4 pilar
Sosialisasi 4 pilar siapkan generasi muda mumpuni | dok panitia 4 pilar

SOLO, MettaNEWS – Menuju Indonesia Emas 2045, DPR RI mengajak anak muda menjunjung 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi 4 pilar kebangsan dalam keseharian ini untuk menjadi generasi yang mumpuni.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima pada sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Solo, mengatakan generasi muda untuk tidak mudah terpancing berita yang tidak benar.

“Pondasinya adalah Pancasila dengan tiga pilar, yakni Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945. Anak muda harus terbiasa membuat konten yang baik, jangan termakan hoax. Bisa menyaring berita-berita yang tidak ada kebenarannya,” ungkapnya.

Menurut Aria Bima, dengan memahami pilar kebangsaan maka akan terlihat sejauh mana generasi muda memiliki komitmen terhadap isu sosial yang ada di sekitarnya.

“Sejauh mana komitmen terhadap sesama, komitmen terhadap demokrasi, komitmen terhadap keadilan sosial, komitmen terhadap UMKM,” paparnya.

Ia juga meminta agar generasi muda khususnya mahasiswa mampu menjadi mahasiswa yang mumpuni. Sehingga ketika lulus kuliah bisa menjadi sarjana yang paripurna.

“Kalau mahasiswa sekarang kebanyakan indeks prestasi tinggi tapi minim imajinasi. Persiapkan diri untuk banyak bergaul dengan orang dan aktif dalam organisasi. Jangan kuliah pulang gitu aja terus, nggak jadi pinter dan kreatif,” katanya.

Salah satu peserta sosialisasi yang juga Ketua Umum Soloisme Jody Julian Putra Caesa mengatakan anak muda penting untuk mengikuti sosialisasi kebangsaan. Agar mereka paham Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.

“Seperti Pancasila, mereka hafal tapi nggak paham. Pancasila belum jadi pengamalan. Oleh karena itu, sosialisasi ini perlu untuk teman-teman muda dan pelajar,” pungkasnya.