Shopee Solo Creative & Innovation Hub Dibuka, Wajah Baru di Pusat Inovasi Solo Technopark

oleh
oleh
Shopee Solo Techno Park
Peresmian Shopee Solo Creative & Innovation Hub oleh Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, di Solo Technopark, Senin (6/12) | Foto : dok Humas Pemkot Solo

SOLO, Metta NEWS – Shopee Solo Creative & Innovation Hub diresmikan Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, di Solo Technopark, Senin (6/12).

Shopee Solo Creative & Innovation Hub ini akan memfasilitasi generasi muda di Jawa Tengah untuk berjejaring dan bertukar pikiran demi menciptakan inovasi yang akan mendorong pemulihan ekonomi. Kehadiran Shopee Creative & Innovation Hub merupakan salah satu bagian dari 2 fase pengembangan Solo Technopark yang akan dilakukan.

Menteri Koperasi & UKM Republik Indonesia, Teten Masduki mengatakan di tengah disrupsi digital yang terjadi di Indonesia, harus melakukan akselerasi UMKM secara digital agar rakyat Indonesia bisa mengoptimalkan kekuatan ekonomi digital yang nilainya cukup besar.

“Tahun ini selama pandemi nilainya sekitar Rp 640 triliun. Bahkan di tahun 2025, diprediksi digital ekonomi Indonesia akan menjadi yang terbesar di ASEAN yaitu Rp 1.700 triliun. Semoga Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark menjadi penting untuk perkembangan perekonomian Indonesia khususnya Solo,” jelas Menteri Teten. 

Bahkan Teten menyebut dari survey ke survey, anak-anak muda di Indonesia punya minat besar menjadi wirausaha. 

“Hampir 70% anak-anak muda di Indonesia minat jadi wirausaha. Kita ingin ke depan pengembangan wirausaha kita by design. Jadi kita ingin wirausaha muda nanti berbasis produk kreativitas dan inovasi teknologi,” tutur Teten. 

Dengan by design, lanjut Teten, UMKM Indonesia akan memiliki daya saing yang tinggi baik di pasar domestik maupun di pasar global. 

“Saat ini prosentase kewirausahaan kita masih di 3.47% dan di tahun 2024 kita targetkan 3.95%. Untuk menjadi negara maju minimum 4% dan kita harus siap untuk masuk menjadi negara maju di 2025, mudah-mudahan pandemi tidak menunda target ini,” terang Teten. 

Di lokasi yang sama, hadir pula Garena Gaming & Community Hub, rumah bagi seluruh komunitas gaming Kota Solo untuk berkumpul, berkolaborasi, dan berkarya bersama dalam membuat acara gaming maupun menjalankan turnamen esports. Shopee dan Garena Hub hadir secara gratis dan terbuka untuk umum, serta akan menjadi bagian dalam cluster Technopreneurship dan akan menjadi katalis untuk memperkuat posisi Solo Technopark sebagai Pusat Inovasi dan Vokasi, khususnya di Jawa Tengah.

Wali Kota Gibran mengungkapkan Solo Technopark didirikan 2014 lalu sebagai pusat ilmu pengetahuan untuk pemuda-pemudi Kota Solo. 

“Perkembangan teknologi di era digital saat ini mengajarkan pentingnya integrasi yang diharapkan dapat menciptakan inovasi teknologi guna menstimulasi pemulihan ekonomi daerah. Kami sangat mengapresiasi Shopee dan Garena atas dukungannya dalam menghadirkan Shopee Solo Creative & Innovation Hub di Solo Technopark yang membawa semangat baru untuk pusat inovasi ini. Harapan saya, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga Solo untuk berkolaborasi dan menciptakan inovasi,” jelasnya.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengaku bangga dapat menjadi bagian dari tempat berkumpulnya pelaku technopreneurship.  

“Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub ditujukan untuk memberikan wadah bagi generasi muda di kota Solo dan sekitarnya untuk bisa bertukar pikiran demi menemukan solusi agar mampu beradaptasi dan bangkit serta berdaya. Disisi lain, kami juga berharap keberadaan hub ini mampu berkontribusi untuk menghidupkan Solo Technopark yang inovatif dan berdaya saing internasional. Kolaborasi dan sinergi merupakan kunci pemulihan ekonomi, dan kami berharap hub baru di Solo ini bisa menjembatani kebutuhan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Garena Indonesia, Hans Saleh menyambut seluruh komunitas gaming termasuk para pemain gim dan penggiat esports di Kota Solo, melalui peresmian ini. 

“Sebagai bentuk nyata komitmen Garena untuk mengembangkan industri game dan esports Indonesia, kami menghadirkan Garena Gaming & Community Hub. Diharapkan fasilitas yang disediakan dapat mendukung tumbuh kreativitas para generasi muda yang ingin berkarya di dunia gaming,” jelasnya. 

Shopee Solo Creative & Innovation Hub dan Garena Gaming & Community Hub yang hadir di Solo Technopark seluas 8 hektar ini terbuka untuk umum dan gratis. Terdapat ruang kolaborasi, kedai kopi dan fasilitas lain yang dihadirkan Shopee dan Garena, diantaranya Area Inovasi, Aea Eksplorasi Hub, Area Mabar, Area Nobar.

Ke depan, hub ini akan menjadi rumah bagi berbagai workshop, seminar dan coaching session bagi UMKM hingga gamers di Jawa Tengah, selain juga akan menghadirkan turnamen, pelatihan dan berbagai acara hiburan. Informasi lebih lanjut tentang acara-acara ke depan di hub ini dapat ditemukan di media sosial Shopee Indonesia. 

Untuk warga dan pelaku UMKM Kota Solo yang ingin datang dan berkolaborasi di Shopee Solo Creative & Innovation Hub ini dapat langsung datang ke Hub ini dengan menyiapkan aplikasi Peduli Lindungi.

No More Posts Available.

No more pages to load.