Semalam Balada Kampung Riwil Episode 200 Tidak Tampil, Ternyata Ada Alasan Khusus

Legaria Susanti, pemeran Bu Mami dalam salah satu adegan Bakar Production | MettaNews/Ari Kristyono

SOLO, MettsaNEWS – Komedi Situasi Balada Kampung Riwil garapan Bakar Production, biasanya tampil dua kali sepekan pada hari Kamis dan Minggu. Namun, episode ke-200 yang harusnya tayang Kamis (13/10/2022) petang, tidak hadir di layar Youtube.

“Tadi ngrampungke episode 200 rada lembur,” ungkap Doel Sumbing, pemeran Papi Si Doel di Bakar menjawab MettaNews melalui pesan Whatsapp, Kamis malam.

Namun, berikutnya melalui akun Instagram @bakarproduction muncul pemberitahuan seperti ini: Hari ini gak tayang ya bala-bala, Kita persiapkan episode Special 200  hari Minggu besok. Lop you.

Pengumuman itu berkaitan dengan teaser yang muncul di akun Youtube Kolase Kampung Riwil. Pada pemeran Bakar bergantian mengundang para fans untuk hadir di Kudus, Hari Minggu besok  dalam rangka nonton bareng jumpa fans dan nonton bareng episode 200.

“Bala-bala Bakar, yen kepingin ketemu Bob Lancar Jaya, Besok tanggal 16 di Kudus. Woyoooo, Uyeeeee,” ujar Abdul Cholik Kusbandoro, pemeran Bob Lancar Jaya, diikuti dengan pemeran lainnya mengucapkan pesan yang sama.

Serial Balada Kampung Riwil, lahir ketika sejumlah seniman panggung di Solo merasa pengap dengan himpitan sepinya job saat pandemi Covid-19. Para pemain Ketoprak Balekambang, Wayang Orang Srwiedari dan seniman panggung lainnya bersatu di kehidupan Kampung Riwil.

Kampung yang dijadikan setting, memang kompleks yang dibangun Pemerintah Kota Solo untuk merelokasi seniman yang tadinya tinggal di Taman Balekambang. “Dinamakan Kampung Riwil, ya karena memang kelompok ini terdiri dari orang-orang yang riwil. Ada anak-anak, kan riwil, la yang dewasa justru lebih riwil lagi,” ucap Sutradara Dwi Moestanto kepada MettaNews suatu kali.

Hingga saat ini, akun Youtube Bakar Production telah menghimpun 563 ribu subscriber dan telah memproduksi 261 video. Setiap episode, penonton bisa mencapai 400 ribuan.