Menikmati Pasar Malam Sekaten Keraton Surakarta yang Ngangeni

oleh
Pasar malam Sekaten
Ribuan warga memadati Pasar Malam Sekaten Keraton Surakarta di Alun-alun Utara, Kamis (28/9/2023) | Magang UNS / Kahfi Harahap

SOLO, MettaNEWSPeringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Keraton Surakarta disemarakkan oleh gelaran pasar malam Sekaten sebulan penuh, 8 September – 8 Oktober 2023.

Berbeda dengan tahun lalu, pasar malam Sekaten kali ini hanya digelar di Alun-alun Utara. Berbeda dengan pasar pada biasanya, pasar malam Sekaten menyuguhkan berbagai hiburan, permainan tradisional, wahana, jajanan, pakaian thrifting maupun baru hingga pentas seni dan musik.

Ada berbagai wahana permainan yang dapat dijajal ketika berkunjung ke pasar malam Sekaten. Misalnya saja komedi putar, bianglala, kapal kora-kora, rumah hantu, tong stan, trampolin, mobil-mobilan, ombak banyu, permainan berhadiah, kereta api mini, mandi bola, memancing, bermain pasir hingga menggambar.

Pasar malam Sekaten
Pengunjung menjajal wahana permainan berhadiah di pasar malam Sekaten Keraton Surakarta, Kamis (28/9/2023) | Magang UNS / Kahfi Harahap

Maka tak lengkap rasanya jika tidak merasakan kemeriahan yang disuguhkan oleh event tahunan yang satu ini. Tina, salah seorang warga Pucangsawit Solo misalnya.

Ia bersama keluarganya sengaja datang ke pasar malam Sekaten untuk menikmati hiburan yang ada. Suatu hal yang wajib bagi Tina yanh sudaj sejak kecil selalu datang ke pasar malam Sekaten.

“Sekaten itu tradisi setiap tahun wajib ada saya dari kecil ini sudah ada. Alasan datang ya buat nyari hiburan kan sudah lama enggak ada waktu pandemi kemarin, kangen,” ujarnya.

Pasar malam Sekaten tahun ini baginya cukup meriah. Sebagai orangtua, Tina senang karena anak-anaknya dapat menjajal banyak wahana yang ada.

“Yang paling menarik ya permainan yang dapat hadiah. Ini tadi sudah jalan-jalan sama anak-anak dan suami. Mau datang lagi besok, semoga tahun depan lebih meriah lebih ramai terus pengunjungnya semakin banyak,” kata Tina.

Pasar malam sekaten
Jajanan tradisional berupa jenang di pasar malam Sekaten Alun-alun Utara Keraton Surakarta | MettaNEWS / Adinda Wardani

Pengunjung juga dapat menikmati jajanan jadul khas Sekaten. Di antaranya jenang. Salah satu penjualnya adalah Kelik, warga Solo yang sudah berjualan di pasar malam Sekaten selama 30 tahun.

Tak hanya jenang, Kelik juga menjual makanan tradisional seperti gula-gula, dodol, intip dan bakpia mulai dari Rp 10.000 saja. Asyiknya pengunjung juga bisa melakukan tawar menawar harga.

“Makanan bermacam-macam mayoritas dari luar daerah, oleh-oleh lokalan khas Solo Jogja. Makanan khas daerah kita tonjolkan apalagi kaya jenang begini ada sejarahnya kita melestarikan budaya,” jelasnya.

Daftar pementasan atau acara yang  diselenggarakan di pasar malam Sekaten Keraton Surakarta: 

• Pentas Kesenian dan Budaya Lestari Indonesiaku: Senin, 18 September 2023-Kamis, 21 September 2023

• OM Romansa All Stars (asal Jepara): Sabtu, 23 September 2023

• OM AFC Adinda Music (asal Jawa Timur): Minggu, 24 September 2023

• Pentas Kesenian dan Budaya Lestari Indonesiaku: Senin, 25 September 2023-Kamis, 28 September 2023

• OM Pallapa Rockdhut + Hana Monina (asal Jawa Timur): Jumat, 29 September 2023

• Niken Salindri feat Campursari Mayangkara (asal Jawa Timur): Sabtu, 30 September 2023

• Ngatmombilong (asal Yogyakarta): Minggu, 1 Oktober 2023

• Gildcoustic Sound Brewok (asal Jawa Timur): Selasa, 3 Oktober – Rabu, 4 Oktober 2023

• Stand Here Alone (Sha) (asal Bandung): Minggu, 8 Oktober 2023