Foto: Kemeriahan Imlek 2023, 12 Lampion Shio Hiasi Jalan Jenderal Sudirman-Gladag

oleh
Lampion
Lampion shio naga hiasi Jalan Jenderal Sudirman-Gladag Kota Solo, Kamis (5/1/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Kemeriahan Imlek terasa berbeda di tahun 2023. Setidaknya 5.000 lampion bulat telah menghiasi kawasan Pasar Gede, Kali Pepe hingga Balai Kota Solo.

Panitia Imlek 2023 juga memasang 12 lampion shio seperti kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, babi, tikus, kerbau dan macan serta lampion Dewa Uang, master kelinci berputar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Gladag.

Lampion
Lampion shio kelinci hiasi Jalan Jenderal Sudirman-Gladag Kota Solo, Kamis (5/1/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

Tidak hanya itu, di sisi Plaza Balai Kota Solo juga akan dipasang lampion shio keluarga kelinci dilengkapi lampion dua lilin serta Budha Ketawa serta lampion Barongsai yang akan menyala dari 7 Januari hingga 5 Februari 2023.

“Tahun ini apalagi setelah PPKM sudah dihapus kami melaksanakan acara Imlek seperti sebelum pandemi yaitu pemasangan 5.000 lampion bulat ditambah 12 karakter shio ditambah Dewa Uang, sekarang kita buatkan master kelinci yang di atasnya bisa berputar,” ujar Ketua Panitia Imlek Kota Solo 2023, Sumartono Hadinoto, Kamis (5/1/2023).

Lampion
Lampion shio kambing hiasi Jalan Jenderal Sudirman-Gladag Kota Solo, Kamis (5/1/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

Pria yang akrab disapa Martono itu mengatakan lampion Imlek tahun ini jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab panitia mengonsepnya dengan desain baru.

“Imlek tahun ini setelah pandemi karena tahun kemarin masih pandemi kami hanya sesuai arahan Pak Wali dan Wawali untuk membuat Imlek yang sederhana tapi tetap dilaksanakan karena untuk mengangkat ekonomi Kota Solo,” ujarnya.

Lampion
Lampion shio ular hiasi Jalan Jenderal Sudirman-Gladag Kota Solo, Kamis (5/1/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

Diperbaruinya lampion Imlek ini bertujuan untuk branding Kota Solo sebagai kota Imlek yang makin dikenal di seluruh Tanah Air.

Termasuk baru untuk tahun ini, yang pasti kami berharap visi misi kita tidak pernah surut yaitu mengangkat Kota Solo branding kota wisata Imlek di Indonesia, kedua jadi kota yang bhineka karena ini sangat penting karena Solo sudah menjadi 10 kota yang nyaman untuk disinggahi,” ujarnya.

Lampion
Lampion shio kuda hiasi Jalan Jenderal Sudirman-Gladag Kota Solo, Kamis (5/1/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

Lampion-lampion ini dapat menyala dari pukul 6 hingga 11 malam. Sehingga pengunjung dapat berswafoto siang maupun malam bersamaan dengan digelarnya Car Free Night.

Lampion
Lampion shio ayam hiasi Jalan Jenderal Sudirman-Gladag Kota Solo, Kamis (5/1/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

Plaza Balai Kota kalau kemarin kita pasang shio macan sekarang keluarga kelinci ada bapak ibu dan anak, sebelahnya ada dua lampion lilin sampingnya ada Budha Ketawa juga lampion Barongsai.

“Penyalaan rencana minggu depan untuk nyala karena segera dipakai untuk Grebeg Sudiro seminggu sebelum Imlek tanggal 22 dan Imlek kali ini ada sesuatu yang luar biasa yaitu penyelaan kembali kembang api tanggal 21 Januari jam 00.00 WIB,” jelasnya.

Lampion
Lampion shio babi hiasi Jalan Jenderal Sudirman-Gladag Kota Solo, Kamis (5/1/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

Perayaan Imlek 2023 juga akan dimeriahkan dengan pesta kembang api selama 20 menit pada Sabtu 21 Januari tepat pukul 12 malam.