Ke Solo Wajib Kunjungi Destinasi Terbaik Ini

oleh
oleh
sopar hotel
Destinasi wajib dikunjungi saat berwisata ke Kota Solo | dok Solo Paragon Hotel

SOLO, MettaNEWS – Kota Solo atau Surakarta, bertransformasi sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah, Indonesia. Dengan daya tariknya yang kaya akan warisan budaya dan keindahan alam. Untuk perjalanan yang tak terlupakan, beberapa destinasi terbaik yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Solo.

  1. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran adalah peninggalan bersejarah yang memukau, menggabungkan arsitektur Jawa yang indah dengan kebudayaan Jawa yang kaya. Pura Mangkunegaran adalah Istana resmi Kadipaten Mangkunegaran dan tempat kediaman para Adipati Mangkunegaran. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I dengan mengikuti model Keraton. Puro Mangkunegaran menjadi salah satu obyek wisata budaya dan wisata sejarah di Kota Solo. Pengunjung dapat menikmati kemegahan dan keindahan Istana Mangkunegaran serta mengunjungi Museum yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah. Sebagai pusat kegiatan kesenian, setiap hari Rabu dilaksanakan latihan Tari Gaya Mangkunegaran, sedangkan setiap hari Sabtu dilaksanakan latihan Karawitan. Beralamat di Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Banjarsari, Surakarta.

  1. Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan Solo adalah tempat yang sempurna bagi para pecinta olahraga. Dengan fasilitas modern dan kapasitas besar, Stadion ini sering menjadi tuan rumah berbagai acara Olahraga dan Konser terkenal. Stadion berkapasitas 20.000 penonton ini merupakan markas dari klub Persis Surakarta. Stadion Manahan Solo juga menyediakan Shelter Manahan yang menyajikan kuliner khas Kota Solo. Beralamat di Jl. Adi Sucipto No.1, Manahan, Banjarsari, Surakarta.

  1. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Surakarta adalah Istana resmi Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang terletak di Kota Surakarta. Keraton ini didirikan oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II sekitar tahun 1743-1744. Berada di Jl. Kamandungan, Baluwarti, Ps. Kliwon, Surakarta.

  1. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman adalah surga bagi pecinta batik. Pengunjung dapat melihat proses pembuatan batik tradisional dan bahkan mencoba membuat batik sendiri. Selain itu, pengunjung dapat berbelanja batik berkualitas tinggi sebagai kenang-kenangan yang unik. Berada di Jl. Trisula III No.1, Kauman, Ps. Kliwon, Surakarta.

  1. Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah surga bagi para penggemar belanja. Dengan berbagai macam barang-barang, mulai dari kain batik hingga kerajinan tangan, pasar ini menawarkan pengalaman belanja yang seru. Pasar ini pertama kali berdiri pada 1942. Pembangunan terus dilakukan sebagai upaya revitalisasi pasar. Pada tanggal 9 Juni 1970 dibangun pasar bertingkat permanen untuk menampung para pedagang, yang kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto. Berlokasi tepat di sebelah Alun-alun Utara Keraton Kasunanan. Berada di  Jl. Dr. Rajiman No.50, Gajahan, Ps. Kliwon, Surakarta.

  1. Solo Safari

Solo Safari adalah tempat yang cocok untuk bersantai sambil menikmati alam dan berinteraksi dengan satwa-satwa eksotis. Solo Safari sebelumnya dikenal sebagai Taman Satwa Taru Jurug Surakarta adalah salah satu objek wisata di Kota Solo yang dibangun pada tahun 1878. Solo Safari menawarkan lokasi yang indah untuk beristirahat. Di dalamnya, terdapat berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Dengan konsep wisata alam, jalan-jalan yang ada di dalam taman dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang. Di dalam lokasi taman, kita akan sering menjumpai kawanan monyet dan berbagai jenis spesies burung. Solo Safari berlokasi di bagian timur Kota Solo, di dekat perbatasan dengan Karanganyar. Taman wisata ini, menggantikan Taman Satwa Taru Jurug Surakarta (TSTJ). Kawasan wisata edukasi satwa seluas 13,9 hektare di Surakarta. Berada di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta

Kota Solo menawarkan berbagai pengalaman wisata yang unik dan tak terlupakan untuk setiap tamu dan pengunjung. Setiap destinasi wisata diatas sangat dekat dengan tempat pemberhentian untuk peristirahatan yaitu Solo Paragon Hotel & Residences. Hotel berbintang empat di Kota Solo yang memiliki akses dan terhubung dengan Mall terbesar di Solo. Hotel ini berada di Jl. Dr. Sutomo, Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta. Nikmati perjalanan menarik dengan mengunjungi destinasi wisata Kota Solo sembari beristirahat di Solo Paragon Hotel & Residences.

“Solo Paragon Hotel & Residences sangat dekat dengan destinasi Kota Solo, karena berada di lokasi strategis, beberapa destinasi wisata diatas dapat ditempuh maksimal 15 menit menggunakan mobil. Serta Solo Paragon Hotel & Residences juga dekat dengan Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Terminal Tirtonadi,” ujar Mahadewi Lourdes, Marketing Communication Solo Paragon Hotel & Residences.

Nikmati kemewahan dan kenyamanan sejati di Solo Paragon Hotel & Residences, di mana setiap menginap adalah pengalaman yang tak terlupakan.