Indonesia Rebut Poin Bersejarah di Piala Dunia U-17

oleh
U-17 Indonesia
Timnas U-17 Indonesia mengawali kiprah di Piala Dunia U-17 dengan hasil gemilang menahan raksasa Amerika Latin Ekuador 1-1 pada laga pembuka Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023) | Dok. LOC WCU17/RKY

SURABAYA, MettaNEWS – Timnas U-17 Indonesia mengawali kiprah di Piala Dunia U-17 dengan hasil gemilang.

Tim asuhan Bima Sakti itu sukses menahan raksasa Amerika Latin Ekuador 1-1 pada laga pembuka Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023).

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir tak urung memberi apresiasi kepada timnas.

Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras para pemain Indonesia yang tampil mengejutkan di laga pembuka Piala Dunia U-17. Presiden menuturkan bila timnas menunjukkan performa maksimal meski ranking di FIFA sangat jauh. 

Menurut Presiden keberhasilan mendapat satu poin sudah sangat bagus. Apalagi, timnas mendapat tekanan selama 20 menit terakhir.

Ekuador berkali-kali mengancam pertahanan lawan. Namun kiper Al Giffari Ikram dari PPLP Sumbar selalu berhasil melakukan penyelamatan gemilang.

“Dengan hasil ini kita sudah mendapat satu poin. Itu harus diapresiasi karena peringkat Indonesia dan Ekuador terpaut jatuh. Yang satu 38 yang satu 145,” ujar Presiden Jokowi sesuai laga, Jumat (10/11/2023).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi perjuangan Arkhan Kaka dan kawan-kawan. Menurut Erick semangat Hari Pahlawan yang tepat jatuh hari ini di kota pahlawan menjadi inspirasi untuk mencetak sejarah.

“Alhamdulillah tepat di hari pahlawan dan stadion yang memakai nama Bung Tomo, anak-anak menunjukkan semangat tak mau kalah,” ujar Erick.

“Hari bersejarah ini alhamdulillah kita meraih hasil yang bersejarah bagi sepak bola Indonesia yang merebut poin pertamanya di Piala Dunia,” kata dia lagi.

Erick pun menilai dukungan para pendukung timnas, termasuk Presiden Jokowi yang hadir langsung mampu membakar semangat pemain timnas U-17.

Menurut Erick hal ini merupakan kebanggaan karena timnas mampu tampil baik di laga yang disorot dan disaksikan tokoh sepak bola dunia.

“Terima kasih atas dukungan para suporter termasuk Presiden Jokowi yang telah menjadi pemain ke-12 bagi timnas. Hari ini kita buktikan kepada dunia Indonesia bisa! Sekali lagi terima kasih,” ujar Erick.