Dies Natalis ke-25 Tahun Universitas Surakarta Momentum Wujudkan Digital Enterpreneurship University

oleh
oleh
Rektor Unsa Astrid Widayani bersama jajaran rektorat | MettaNEWS / Puspita

SOLO, MettaNEWS – Dies Natalis ke-25 tahun Universitas Surakarta (Unsa) menjadi momentum lompatan untuk menuju digital entrepreneurship university. Masuk pada usia 25 tahun, Unsa mengangkat tema Dies Natalis “Membangun Jiwa Kreatif dan Inovatif untuk Mewujudkan Digital Enterpreneurship University”.

Rektor Unsa Astrid Widayani menyampaikan pada HUT ke-25 ini menerima kado spesial yakni banyaknya prestasi mahasiswa Unsa dari berbagai macam bidang. Baik prestasi akademik maupun program-program wirausaha merdeka dan prestasi olahraga.

“Seperempat abad atau 25 tahun ini adalah sebuah momentum yang baik. Ini kami manfaatkan untuk menjadi pijakan lompatan menuju lebih baik. Selama 25 tahun Unsa tentu sudah mengalami berbagai musim. Bahkan pada 2022 kemarin ada ketentuan perubahan bentuk aturan Perguruan Tinggi dan kami juga menyesuaikan dengan aturan yang ada,” kata Rektor Astrid pada jump apers dengan media, Kamis (26/10/2023).

Rektor Unsa menyebut perubahan aturan sebuah Perguruan Tinggi mewarnai perjalanan Unsa hingga saat ini.

“Pada perjalanannya mulai dari akreditasi yang awalnya hanya sederhana sampai akreditasi A, B dan C kemudian Unggul, Baik dan Baik Sekali. Sampai ada kebijakan baru yakni terakreditasi atau tidak ada akreditasi. Jadi ini sebuah dinamika atau perjalanan yang tidak mulus-mulus saja,” ungkap Astrid.

Menurut Astrid semua hal tersebut menunjukan Unsa sampai saat ini tetap eksis, bisa tetap menjadi pilihan masyarakat dalam melangsungkan perkuliahan di Perguruan Tinggi. Dan menjadi pilihan masyarakat untuk meningkatkan strata gelar mulai dari sarjana maupun pasca sarjana.

“Pengembangan kualitas terus kami lakukan. Kepercayaan dari masyarakatlah yang membuat Unsa  memiliki harapan. Dan dalam waktu dekat kami komitmen untuk membuat prodi baru Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi, juga fokus pada penguatan vokasi dan kewirausahaan Unsa pengembangan bisnis center Unsa,” papar perempuan yang akrab disapa dengan sebutan Mbak Rektor ini.

Unsa lanjut Rektor Astrid tidak bisa hanya fokus pada persaingan. Pihaknya percaya dengan kekuatan dan kolaborasi membuat Unsa lebih kuat. Maka Unsa tidak pernah berhenti untuk menggandeng tanagn berbagai macam pihak sebagai mitra.

“Dari sisi akademik terus meningkatkan reputasi melalui peningkatan rangking secara institusi, capaian hasil penelitian dosen, peningkatan pelayanan belajar mengajar dengan inovasi baru kelas hybrid dan terbukanya kelas internasional mulai semester depan. Karena kami memiliki misi standar internasional,” ujarnya.

Astrid menuturkan semua peningkatan kualitas tersebut sebagai modal dasar untuk mencapai target jangka panjang Unsa di tahun 2030.

“Karena banyaknya program yang akan kami capai, secara jangka panjang di tahun 2030 Unsa akan mewujudkan visinya. Keberlanjutan Unsa menjadi semangat kami bersama para civitas akademika. Sehingga Unsa bisa menjadi pelopor, institusi terdepan dalam penyelenggaraan belajar mengajar berbais kewirausahaan terbaik di Jawa Tengah,” tegasnya.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta Dr. Roch Mulyani, SE.,MM menyampaikan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-25 Unsa. Mulai dari perlombaan Badminton antar Dosen, Tendik, dan Mahasiswa (12- 14/10/2023). English Competition (16/2023) mahasiwa. Duta Kampus (17/10/2023), kegiatan ini merupakan kompetisi intelektual mahasiswa berdasarkan kriteria kepemimpinan, public speaking, wawasan, dan bahasa.

UNSA Got Talent (18/10/2023) yang menampilkan berbagai bakat dari para mahasiswa. Bakti Sosial dan Donor Darah (19/10/2023) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Solo, Bakti Sosial (Baksos), dan Santunan Anak Yatim di Auditorium Prof. Dr. H.S Brodjo Sudjono, S.H., MS.

“Pada momen tersebut UNSA juga membagikan 100 pack sembako kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Baksos serta Donor Darah ini kami harapkan mampu memberikan manfaat dalam penyediaan darah di PMI Surakarta serta membantu masyarakat di sekitar Unsa,” jelas Roch Mulyani.

Pada 20 Oktober 2023 ziarah ke Makam Pendiri Unsa untuk mengenang jasa, menghormati para pendiri Universitas Surakarta.

“Serta mengenalkan kepada Segenap Civitas Akademika bahwa banyak nilai-nilai positif yang telah para pendiri Universitas Surakarta tanamkan. Ziarah ke makam pendiri Universitas Surakarta Alm. H. H.S Sumaryono di Taman Pemakaman Umum Bonoloyo Surakarta kemudian ke makam Prof. Dr. H.S. Brodjo Sudjono, S.H., M.S yang terletak di Taman Pemakaman Umum Pracimaloyo Sukoharjo,” terangnya.

Tanggal 21 Oktober 2023 Business Pitching UNSA. Rangkaian kegiatan yang cukup mengundang perhatian oleh mahasiswa UNSA yang membuat suatu rintisan bisnis wirausaha. Tasyakuran dan sekaligus Pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Alumni Unsa (Ika Unsa). Sekaligus Pengukuhan Ika Unsa yang mana menjadi wadah para alumni Unsa untuk bersilahturahmi dan bertukar informasi mengenai lowongan kerja.

Fun Walk (22/10/2023) Sambut peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 dan Dies Natalis 25 tahun Unsa. Puncak Acara pada 28 Oktober 2023, yaitu kegiatan Wisuda dan kegiatan Unsa Got Talent Show.