150 Stan dari Pulau Jawa hingga Thailand Ramaikan Festival Romantika Rasa Solo Tempo Doeloe

oleh
Festival
Festival Romantika Rasa Solo Tempo Doeloe di Balai Kota Solo, Jumat (4/8/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Ratusan kolektor barang antik mulai menjajakan koleksi-koleksi jadulnya di Festival Romantika Rasa Solo Tempo Doeloe di Balai Kota Solo, Jumat (4/8/2023).

Mereka berasal dari berbagai daerah di pulau Jawa dan Bali hingga negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Sedikitnya ada 150 stan yang memamerkan beragam barang vintage, dekorasi rumah klasik, dokumen bersejarah, dan foto-foto masa lalu.

Pengunjung tidak hanya dapat mengenang masa lampau tetapi juga dapat membeli berbagai barang dan koleksi menarik.

Penyelenggara acara, Reo Arya mengatakan konsep utama dari festival ini adalah edukasi wisata dengan sentuhan nostalgia. Melalui perpaduan konsep ini, pengunjung diajak untuk mengenang dan merasakan kembali atmosfer zaman dahulu.

“Kami berharap festival ini dapat menciptakan lorong waktu bagi pengunjung, memungkinkan mereka untuk kembali pada masa-masa indah dalam hidup mereka yang dulu. Dengan demikian, romantisme pun dapat tumbuh dan mengalir dalam setiap sudut festival ini,” ujar Reo Arya.

Secara keseluruhan, festival ini sudah berjalan selama tiga kali. Festival ini menawarkan pengunjung sebuah pengalaman unik yang mengajak mereka untuk menjelajahi lorong waktu ke masa lalu serta membangkitkan kenangan manis era tempo dulu.

Tak hanya itu, festival ini juga menghadirkan Festival Dolanan Bocah, Festival Vintage, dan Festival Kuliner Tempo Dulu. Menjadikannya sebagai perpaduan sempurna dari kebudayaan, seni, dan kenangan masa lalu.

Festival Romantika Rasa Solo Tempo Doeloe berlangsung selama 3 hari ini dimulai hari Jumat (4/8/2023) dan akan berakhir pada hari Minggu (6/8/2023).

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka  mengapresiasi dan mendukung penuh semua event yang diselenggarakan di Kota Solo termasuk Festival Romantika Rasa Solo Tempo Doeloe yang untuk pertama kalinya digelar di Balai Kota Solo.

“Ya bagus. Semua event kita fasilitasi,” ungkapnya.