Wujudkan Transisi Energi Bersih, PLN Gelar Festival Motor Listrik di Solo

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Bsrsinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PLN menggelar  Festival Motor Listrik 2023, Minggu (3/12/2023).

Ini sebagai wujud dukungan PLN dalam upaya pemerintah mengakselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric Vehicle (EV). Untuk mendorong transisi energi bersih dan mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

PLN menginisiasi acara ini dengan mengusung tema “Bangga Pakai Motor Listrik”. Pada kegiatan ini berhasil melibatkan tak kurang dari 150 Electric Vehicle (EV) untuk ikut dalam konvoi motor listrik. Partisipan juga meliputi komunitas listrik Solo, Semarang, Magelang, Jogja dan sekitarnya.

Mochamad Soffin Hadi, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta menyatakan bahwa PLN mendukung program pemerintah untuk menekan penggunaan bahan bakar fosil. Dan mengurangi emisi karbon dengan EV. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan EV, PLN terus berkomitmen dalam pembangunan infrastruktur pendukung ekosistem KBLBB seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Terlebih menurutnya saat ini terdapat layanan digital PLN Mobile. Yang dapat membantu pengguna EV dari menemukan lokasi SPKLU hingga pengoperasian pengisian bahan bakar.

Selain itu, PLN juga menyediakan layanan home charging yang memudahkan pengisian daya di rumah. Dengan infrastruktur yang lengkap, para pengguna dipastikan tak perlu risau jika kehabisan daya.

“Pengguna EV tidak perlu risau, sebab infrastruktur telah dibangun lebih merata. PLN telah membangun 31 SPKLU dengan 45 unit EV charger yang tersebar di 22 Kota/Kabupaten wilayah Jateng dan DIY. Pengguna EV juga dapat memanfaatkan PLN Mobile untuk memudahkan pengoperasian SPKLU,” tutur Soffin.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengapresiasi atas dukungan PLN dalam mendukung transisi energi bersih.

“Terimakasih pada PLN yang telah mendukung pemerintah dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik ini. Kami tentunya menyambut baik kegiatan festival motor listrik 2023. Ini sebagai komitmen kita tentunya bersama untuk menuju transisi energi bersih dengan pemakaian kendaraan ramah lingkungan.” jelas Nana dalam sambutannya sebelum melepas rombongan konvoi motor listrik di Loji Gandrung, Solo.

Gigih Udi Atmo, Direktur Konservasi Energi, Dirjen EBTKE Kementerian ESDM menyatakan apresiasi. Atas dukungan PLN terhadap program pemerintah konversi kendaraan berbahan bakar minyak menjadi listrik.

“Terimakasih atas kolaborasi semua pihak termasuk PLN. Kita bersama-sama memerangi dampak perubahan iklim. Konversi kendaraan berbahan bakar minyak menjadi berbahan bakar listrik diharapkan bisa mengurangi emisi, polusi dan ketergantungan pada impor bahan bakar minyak. Mari kita sukseskan semboyan No Emisi, Yes Konversi.” jelas Gigih.

Apresiasi pada PLN juga datang dari tokoh masyarakat, Mangkunegara X. Dia menyatakan apresiasi atas pesatnya pembangunan infrastruktur pendukung PLN termasuk SPKLU. Dalam rangkaian acara ini, Mangkunegara X juga turut menyumbangkan motor berbahan bakar minyak miliknya untuk dikonversi menjadi motor berbahan bakar listrik.

Yogha, Ketua Komunitas Motor Listrik Soloraya dengan 200 anggota ini, menyambut positif dan berharap PLN lebih masif dalam membangun charging station untuk EV.

“Saya beralih ke EV sejak bahan bakar minyak mulai mahal dan juga kesadaran untuk mengurangi polusi udara. Sejak menggunakan EV jadi lebih hemat pengeluaran untuk bahan bakar. Semoga PLN dapat lebih banyak lagi membangun charging station,” jelas Yogha

Festival Motor Listrik 2023 menjadi titik pertemuan antara para penggerak ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan masyarakat luas. Memberikan kesempatan bagi warga untuk merasakan secara langsung pengalaman terkait motor listrik. Melalui serangkaian kegiatan yang menggabungkan unsur edukasi dan keseruan. Acara ini tidak hanya memfasilitasi individu dan komunitas pengguna motor listrik, namun juga mendorong interaksi serta sinergi antara mereka dengan masyarakat umum dari berbagai latar belakang.

Tujuannya adalah untuk saling memberi inspirasi, memupuk rasa bangga, dan meningkatkan kesadaran bersama akan peran motor listrik sebagai pendukung aktivitas sehari-hari.

Festival juga dimeriahkan berbagai program aktivasi yang dikemas dalam satu rangkaian kegiatan di lokasi yang sama. Antara lain diskusi spesial yang membedah motor listrik, lomba modifikasi motor listrik untuk komunitas, pameran motor listrik, dan test ride motor listrik. Serta workshop konversi motor listrik, dan kegiatan pendamping lain seperti foto kontes motor listrik bersama model.