Tips Minum Obat yang Benar: Harus Tepat Waktu dan Jangan Over Dosis

oleh
obat-obatan
Ilustrasi | MettaNews/Ari Kristyono

MEMAKAI dan mengonsumsi obat ternyata harus dilakukan fengan baik dan benar. Sebab jika tidak bisa saja obat justru bikin sakit seorang pasien bertambah.

Dikutip dari instagram @alodokter Senin (6/12/2021), obat ada berbagai jenis misal antibiotik, antivirus, antijamur, antiradang, pereda gejala alergi, penurun panas, pereda nyeri, dan masih banyak lagi.

Nah, karena bentuk dan jenis obat berbeda-beda, maka cara pakai dan konsumsinya pun bisa berbeda. Soalnya, setiap obat memiliki cara kerja, kegunaan, dan risiko efek sampingnya masing-masing.

Menurut ahli, yang harus dilakukan adalah memperhatikan kembali dosis, waktu dan cara pakai sesuai anjuran dokter, serta petunjuk yang terdapat pada keterangan di label kemasan obat. Kemudian sebisa mungkin hindari kebiasaan menggandakan dosis obat di luar persetujuan dokter. Sebab, tindakan itu malah bisa memicu overdosis hingga kerusakan organ.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa tips aman minum obat:

  1. Pasang pengingat atau alarm di handphone pada setiap jam minum obat.
  2. Tulis pengingat & jadwal minum obat pada notes, lalu tempelkan di kotak obat, kulkas, atau meja kerja.
  3. Jadikan kegiatan sehari-hari sebagai patokan waktu minum obat, misalnya sebelum/sesudah sarapan, setelah menyikat gigi, atau sebelum tidur.
  4. Mintalah bantuan pada pasangan, keluarga, atau rekan kerja untuk mengingatkan minum obat saat waktunya tiba.*

No More Posts Available.

No more pages to load.