Suhu Ekstrem Melanda Indonesia sejak Lima Hari Terakhir, Simak 8 Tips Ini Agar Tetap Sehat

oleh
cuaca
Ilustrasi cuaca panas | Dok. Shutterstock

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat (BMKG) suhu di beberapa wilayah Indonesia berada pada kisaran 24-36 derajat Celsius, dalam lima hari terakhir. Cuaca panas terik ini diduga terjadi karena lapisan bawah atmosfer yang relatif kering.

Akibat cuaca panas dengan suhu ekstrem ini aktivitas masyarakat terganggu. Berbagai  masalah kesehatan terutama dehidrasi pun banyak melanda masyarakat. Masyarakat yang banyak beraktivitas pada hari kerja tentu merasakan hal ini.

Melansir dari Halodoc, berikut tips untuk tetap menjaga kesehatan di saat cuaca panas:

Banyak Minum Air Putih

Salah satu dampak dari cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak, yang jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Nah sekarang banyak orang yang ketika merasa suhu panas kemudian memilih mengonsumsi es seperti kopi dan teh.

Sebenarnya hal tersebut karena minuman tersebut mengandung kafein yang bersifat diuretik, yaitu memicu hilangnya cairan tubuh. Jadi lebih baik banyak mengonsumsi air putih yang bagus untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat cuaca panas.

Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Untuk menghindari dehidrasi tidak hanya dengan meminun air putih, bisa dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti buah semangka, jeruk, melon, mangga, dll, terutama buah yang banyak mengandung vitamin, selain untuk asupan, bisa juga mencegah dehidrasi.

Gunakan Krim Pelembap

Tidak hanya dehidrasi, permasalahan suhu panas ini juga dapat mengakibatkan permasalahan kulit, apalagi bagi orang yang memiliki kulit sensitif, wajib menggunakan krim pelembab ketika ingin beraktivitas diluar ruangan, selain untuk menjaga kulit tetap lembah, juga bisa digunakan untuk mencegah paparan sinar UV yang berbahaya bagi tubuh kita.

Batasi Aktivitas di Luar Ruangan

Bukan berati Kita harus berdiam diri dirumah saja, dengan mengurangi aktifitas pada siang hari ketika terik panas matahari, mungkin hanya aktifitas ringan saja yang dilakukan pada siang hari, seterusnya bisa dilakukan pada sore hari atau malam hari.

Kenakan Pakaian Berbahan Katun

Ketika cuaca sedang panas, kenakanlah pakaian yang berbahan katun dan tipis, sehingga bisa menyerap keringat lebih baik dan tidak menyimpan panas. Dan juga pakai jaket atau pakaian lengan panjang. Dengan begitu, tubuh akan tetap terasa dingin dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman. Hindari menggunakan baju berwarna hitam atau gelap, karena dapat menyerap panas matahari.

Gunakan Payung dan Topi

Ada alternatif lain juga ketika hendak beraktivitas diluar ruangan, bisa gunakan payung atau topi, nah ke dua peralatan tersebut bisa menjaga kita dari paparan langsung dengan sinar matahari pada siang hari. Jadi bisa menjaga badan kita dari panasnya sinar matahari.

Jangan Terlalu Sering Mandi

Mandi saat cuaca panas memang dapat menyegarkan tubuh, tapi jangan salah, ketika kita sering atau terbilang berlebih untuk mandi pada saat cuaca panas justru membuat kulit kita menjadi mudah kering, dan membuat tidak nyaman dalam beraktivitas.

Hindari Konsumsi Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh, tidak hanya pada saat cuaca panas saja efek dari terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat membahayakan diri kita, dan bahaya yang ditimbulkan akibat minimum minuman beralkohol pada saat cuaca panas justru mengakibatkan permasalahan dehidrasi menjadi semakin tinggi. (Magang UIN Raden Mas Said/Ramadan Dwi).