BMKG: 23 Wilayah Jateng Berpotensi Dilanda Hujan Deras Angin Kencang Disertai Petir

oleh
BMKG
Pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang di Kota Solo, Rabu (3/1/2024)

SOLO, MettaNEWS – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam 3 – 6 jam ke depan terdapat potensi cuaca ekstrem hujan sedang hingga lebat disertai kilat ataupun petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Jawa Tengah, Rabu (3/1/2024).

Beberapa wilayah ini di antaranya Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Grobogan.

Karanganyar, Klaten, Kudus, Jepara, Pati, Magelang, Pekalongan, Pemalang, Rembang, Purbalingga. Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.
BMKG mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat ataupun petir dan dapat disertai angin kencang, puting beliung, hujan es.

Masyarakat juga diminta mewaspadai dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Mohon bantuan kepada BPBD atau pihak terkait dapat meminta kepada masyarakat untuk menjauh dari bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir, serta lereng yang rawan longsor,” tulis keterangan resmi BMKG di lamanĀ bmkg.go.id.