Sering Nyeri Pinggang saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

oleh

BANYAK keluhan Ibu hamil mulai dari mual dan muntah, sulit buang air besar, kaki bengkak, jerawatan, sampai sakit pinggang. Berbagai keluhan ini bisa dibilang hal yang alami sebagai upaya untuk mendukung perkembangan Si Kecil dalam kandungan.

Salah stau keluhan yang sering dialami adalah sakit atau nyeri pinggang. Dikutip dari akun instagram @alodokter, Senin (13/12/2021), keluhan sakit pinggang sebelah kiri yang umumnya terjadi di trimester ketiga.

Menurut penelitian, kondisi ini bisa terjadi karena posisi rahim saat hamil umumnya mengarah ke sisi kanan tubuh. Jadi, otot pinggang kiri Bumil pun harus bekerja lebih aktif untuk menyeimbangkannya, sehingga bisa terasa sakit.
Selain itu, beberapa hal berikut juga bisa menjadi penyebabnya. Di antaranya adanya pelepasan hormon relaksin yang melemaskan otot dan persendian panggul ibu hamil untuk memudahkan proses persalinan. Namun dampaknya, otot harus bekerja lebih keras agar postur tubuh tetap tegap.

Kemudian otot-otot pinggang yang semakin meregang seiring bertambahnya ukuran janin, bobot tubuh yang kian bertambah dan perut yang semakin membesar, sehingga membuat tulang belakang dan otot-otot di sekitarnya harus menopang beban yang lebih berat serta terjadinya perubahan postur tubuh saat beraktivitas menjadi lebih miring atau bungkuk, akibat ukuran perut yang semakin membesar.

Meski begitu, Bumil tak perlu khawatir, karena umumnya, berbagai keluhan yang terjadi saat hamil akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Meski demikian, ada beberapa tips untuk meredakanya.
Di antaranya tidur dengan posisi miring sambil mengapit bantal di antara lutut yang ditekuk lalu ganjal di belakang pinggang. Kemudian olahraga ringan secara teratur dan terakhir kompres hangat di area yang nyeri.

No More Posts Available.

No more pages to load.