Regenerasi, 11 Sanggar Ikuti Festival Wayang Bocah 2021

oleh
oleh
Festival Wayang Bocah 2021
Sebelas sanggar seni ikuti Festival Wayang Bocah 2021 | Foto : dok Humas Pemkot Solo

SOLO, Metta NEWS – Pemerintah Kota Surakarta kembali mengadakan Festival Wayang Bocah 2021 secara luring dan daring, Minggu – Senin (7-8/11). Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, Drs. Agus Santoso menjelaskan Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kebudayaan menyelenggarakan Festival Wayang Bocah 2021 sebagai pelestarian eksistensi wayang orang di Indonesia. 

Festival Wayang Bocah 2021 diikuti oleh 11 sanggar di Kota Solo. Penonton terbatas dapat menyaksikan acara ini secara live di Gedung Wayang Orang Sriwedari sekaligus secara daring melalui Kanal YouTube Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo.

Agus Santoso menjelaskan  kegiatan Festival Wayang Bocah dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, dan penonton yang terbatas dikarenakan Kota Solo masih berada di level 2 

“Dinas Kebudayaan mengapresiasi sanggar-sanggar yang mengikuti Festival Wayang Bocah 2021 dengan memberikan penghargaan dan uang pembinaan kepada sanggar terbaik satu hingga lima sekaligus individu terbaik, yaitu pemeran putra dan putri, gecul, busana dan rias, serta sutradara,” ungkap Agus Santoso.

Tujuh sanggar telah menampilkan karya terbaiknya pada Minggu, (7/11), antara lain Sanggar Langit dengan judul Kalimasada Murca, Sanggar Pincuk dengan judul Wiwara Sempalaning Kandha, Sanggar Tari Sang Citra Budaya dengan judul Arya Bimantara, Sanggar Gedhong Kuning dengan judul Sasetyo Ning Bawana, Sanggar Gendewo Pinentang dengan judul Sekar Mandaraka, Sanggar Metta Budaya dengan judul Bratayoga, dan Sanggar Sarwi Retno Budaya dengan judul Samparan Sampiranku.

Empat sanggar tampil pada Senin, (8/11), yaitu Semarak Candrakirana Art Center menampilkan Atanaya Pawitra, Sanggar Soeryo Soemirat GPH Herwasto Kusuma Surakarta menampilkan Siswa Pinilih, Sanggar Girli Budaya Sejahtera menampilkan Satriya Kusumaning Bangsa, dan Bengkel Seni Adanu Jumantoro menampilkan Narayana.

“Minimal kita ikut melestarikan budaya, ini kan menjadi tongkat estafet regenerasi, kalau nanti pemainnya sudah tua semua siapa yang akan meneruskan. Tahun ini peminatnya banyak,” lanjut Agus.

Dewan juri yang dipilih Dinas Kebudayaan Kota Surakarta untuk menentukan jawara Festival Wayang Bocah 2021 adalah Blacius Subono, S.Kar., M.Sn., Kristanto, S.Sn., dan Wahyu Santoso Prabowo, S.Kar.,M.Hum.

Penilaian dewan juri dalam menentukan para juara yaitu dari kriteria cerita, penyajian, sanggit, antawacana, tembang, serta rias dan busana.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming menjelaskan, event-event di Kota Surakarta mulai kembali diselenggarakan meskipun dengan penonton yang masih terbatas. Gibran menyebut event tersebut dapat men-trigger pertumbuhan ekonomi di Kota Solo.

“Event-event budaya di Kota Solo kan kita genjot lagi, kita rutinkan lagi kita adakan dengan penonton yang mungkin masih terbatas, saya yakin ini nanti bisa menggugah, mentrigger pertumbuhan ekonomi di Kota Solo,” tandas Gibran. 

Daftar Juara Festival Wayang Bocah 2021

1. Grup Terbaik 1 Sanggar Sarwi Retno Budaya 

2. Grup Terbaik 2 Semarak Candrakirana Art Center

3. Grup Terbaik 3 Sanggar Seni Metta Budaya

4. Grup Terbaik 4 Bengkel Seni Adanu Jumantoro 

5. Grup Terbaik 5 Sanggar Gedhong Kuning

Individu

1. Pemain Putra Terbaik : Gendoro, Semarak Candrakirana Art Center

2. Pemain Putri Terbaik : Srikandi, Sanggar Sarwi Retno Budaya

3. Gecul Terbaik : Bagong, Sanggar Sarwi Retno Budaya

4. Busana dan Rias Terbaik : Sanggar Seni Metta Budaya

5. Sutradara Terbaik: Sanggar Sarwi Retno Budaya

No More Posts Available.

No more pages to load.