Realisasi Penerimaan Pajak DJP Jateng II Capai Rp6.654 Triliun

oleh
oleh
Kegiatan Jalan Sehat DJP Jateng II bersama dengan wartawan di Surakarta, Jumat (10/9).

SOLO, Metta NEWS – Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah II merilis capaian kinerjanya sampai dengan 31 Agustus 2021. Capaian ini terdiri dari capaian penerimaan pajak dan capaian kepatuhan formal dari wajib pajak yang ada di wilayah kerja Kanwil DJP Jawa Tengah II. 

Dalam gathering DJP Jateng II bersama media, Jumat (10/9), Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II Slamet Sutantyo menyampaikan, secara garis besar tren capaian kinerja sampai dengan bulan Agustus cenderung naik. Tercatat realisasi penerimaan mencapai 53,35 persen atau sebesar Rp 6,654 triliun dari target Rp 12,474 triliun. Realisasi ini mengalami pertumbuhan netto sebesar 0,95 persen.

“Pertumbuhan telah berubah positif dikarenakan pertumbuhan perekonomian nasional telah mengalami pemulihan meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19,” jelas Slamet.  

Slamet mengatakan secara sektoral, penerimaan masih didominasi oleh sektor Industri Pengolahan dengan kontribusi sebesar 37,49% dari total realisasi penerimaan neto dan capaian pertumbuhan sebesar 2,48%. Disusul oleh sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Administrasi Pemerintahan dan Jaminan Sosial, kemudian Jasa Keuangan dan Asuransi, serta Pengadaan Listrik, Gas, Uap/Air Panas dan Udara Dingin.

“Kinerja positif juga ditunjukan capaian SPT Tahunan. Untuk capaian kepatuhan formal penyampaian SPT Tahunan, sampai dengan Agustus 2021 telah mencapai 104,78% dari total target 764,095 SPT atau terealisasi sejumlah 720,569 SPT. Realisasi ini terdiri dari 45,245 Wajib Pajak Badan, 68,814 Orang Pribadi Non Karyawan, dan 606,510 Orang Pribadi Karyawan,” papar Slamet. 

Selama periode Juli sampai Agustus 2021, Kanwil DJP Jawa Tengah II juga menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti peringatan Hari Pajak dan Pajak Bertutur. 

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan semangat sadar pajak bagi masyarakat dan calon wajib pajak masa depan. Pelaksanaan Hari Pajak dimeriahkan secara daring dengan menggelar webinar kepada calon wajib pajak masa depan dan webinar UMKM yang dikemas dalam bentuk Business Development Service (BDS). 

Sedangkan untuk kegiatan Pajak Bertutur, seluruh unit instansi vertikal Kanwil DJP Jawa Tengah II menyelenggarakan kegiatan edukasi kepada para siswa SD, SMP, SMA/SMK serta mahasiswa Perguruan Tinggi secara serentak. 

“Salah satu tujuan kegiatan Pajak Bertutur ini sebagai kegiatan edukasi dan penyuluhan aktif dalam rangka mencapai tingkat kepatuhan yang tinggi,” tambah Slamet. 

No More Posts Available.

No more pages to load.