Pracima Tuin Dibuka 21 Januari Besok, Ada Pengenalan Menu Raja Mangkunegaran

Pracima Tuin
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama KGPAA Mangkunegaran meninjau Taman Pracima Tuin | Dok Instagram @puromangkunegaran

SOLO, MettaNEWS – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengumumkan Taman Pracima Tuin Mangkunegaran Solo akan dibuka Sabtu 21 Januari 2023.

“Besok peresmian sama pengenalan menu-menu ala raja-raja Mangkunegaran,” beber Gibran saat meninjau Solo Safari, Jumat (20/1/2023).

Gibran membeberkan sejumlah tokoh penting akan datang saat pembukaan bersama KGPAA Mangkunegaran X. Di antaranya Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Pak Erick datang, terus besok juga ada kita njemput Mbak Puan hadir di jalan sehat NU,” kata dia.

Gibran mengatakan pembukaan Pracima Tuin tersebut akan di mulai pukul 12.00 WIB.

“Pracima jam 12, habis itu ada badminton di penutupan Porseni, Pak Ganjar main juga badminton. Mbak Puan kayaknya sore,” jelasnya.

Pracima Tuin Blue Print Mangkuengaran 1920

Pracima Tuin
Bangunan Pracima Tuin milik Pura Mangkunegaran Solo | Dok Instagram @puramangkunegaran

Sebelumnya, Menteri BUMN, Erick Thohir menilik pembangunan Taman Pracima Tuin sisi barat Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu (20/11/2022). Salah satu aset yang tengah direvitalisasi itu menjadi perhatian khusus baginya.

Menurut Erick, taman ini memiliki potensi lokasi wisata yang syarat akan sejarah pembelajaran Mangkunegaran dari masa silam. Taman ini pun ia harapkan menjadi lokasi yang bakal menyedot kunjungan wisatawan lokal untuk belajar.

“Taman belakang bagian daripada Mangkungeran dan pemerintah pusat juga mendukung bagaimana aset kebudayaan nasional,” terangnya.

Baginya sejarah adalah hal yang wajib untuk jadi pembelajaran generasi mendatang. Pun pemerintah memberikan dukungan yang sama akan pelestarian jejak sejarah ini.

“Taman Pracima Tuin itu blue print tahun 1920, sudah punya taman bagus, jadi bisa dipelajari generasi muda, jangan sampai generasi muda tidak tahu sejarah kebangsaan kita,” ujar Erick.

Adapun blue print ini merupakan kerangka kerja terperinci dari arsitektur sebagai landasan dalam pembuatan kebijakan yang meliputi penetapan tujuan dan sasaran, penyusunan strategi, pelaksanaan program dan fokus kegiatan.

Awal Mula Pemberian Nama Pracima Tuin

Sementara itu, KGPAA Mangkunegara X menjelaskan nama taman ini terinspirasi dari taman kerajaan yang dibangun pada era pemerintahan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara VII.

“Nama Taman Pracima atau Pracima Tuin sesuai dengan lokasi taman yang terletak dalam area barat Pura Mangkunegaran,” tutur KGPAA MN X, beberapa waktu lalu.

MN X mengatakan, bangunan ini akan buka untuk umum sehingga masyarakat bisa menikmati keindahan taman bergaya akulturasi barat tersebut.

“Kita tunggu kabar selanjutnya. Karena ini masih tahap pembangunan, selesai kita harus lihat kondisinya dulu. Persiapan-persiapan seperti apa baru kita umumkan nanti,” ungkapnya.

Pracima Tuin berdiri atas lahan seluas 1 hektare yang awalnya tanah tersebut berfungsi sebagai lapangan tenis.  Taman ini juga memiliki beberapa bangunan seperti Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik.

“Rencananya tempat ini menjadi wadah pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah dan kuliner khas Mangkunegaran,” jelas Mangkunegara X.