Perkuat Kota Toleran, Ditjen Kebudayaan Gelar Festival Budaya Spiritual di Solo

oleh
oleh
festival budaya spiritual
Festival Budaya Spiritual akan digelar di Solo, 17-19 Juli 2023 | MettaNEWS / Puspita

SOLO, MettaNEWS – Memperkuat Solo sebagai kota toleran, Direktorat Jenderal Kebudayaan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta menyelenggarakan Festival Budaya Spiritual di Solo pada 17 hingga 19 Juli 2023.

Dalam Laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 dari SETARA Institute menunjukan  Surakarta menjadi salah satu kota yang memiliki tingkat toleransi yang baik.

Direktur Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat, Ditjen Kebudayaan, Kemdikbudristek, Sjamsul Hadi mengatakan Festival Budaya Spiritual dirancang untuk membangun kesamaan pandangan terhadap perwujudan budaya spiritual yang terdiri atas kesadaran budaya, kesadaran mental, dan kesadaran spiritual.

“Salah satu pelaksanaan kebijakan dengan mengimplementasikan nilai–nilai luhur budaya spiritual. Berkaitan dengan hubungan manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan sesama, manusia dengan alam semesta, dan manusia dengan Tuhan,” tutur Sjamsul Hadi.

Sjamsul mengatakan salah satu fungsi dan peran Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Direktorat Jenderal Kebudayaan adalah pelaksanaan kebijakan. Untuk bidang pembinaan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan masyarakat adat. Sedangkan perannya memberikan pelayanan dan memfasilitasi kepada Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat.

Festival Budaya Spiritual lanjut Sjamsul, dirancang untuk membangun kesamaan pandangan terhadap perwujudan budaya spiritual yang terdiri atas kesadaran budaya, kesadaran mental, dan kesadaran spiritual. Perwujudan dimaksud berupa cipta, rasa, karsa, dan karya manusia yang mengarah kepada pengembangan diri. Kesadaran mental adalah perwujudan dari hati Nurani yang mengarah kepada pengendalian diri, sementara kesadaran spiritual adalah perwujudan dari buddi  yang mengarah kepada penyerahan diri.

“Dari hal itulah perlu membangun kesadaran masyarakat terhadap keberagaman dan kemerdekaan berekspresi. Festival Budaya Spiritual ini mengajak seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan rasa toleransi, saling menghargai. Dan kebersamaan serta kesetaraan layanan seluruh masyarakat dalam mendapatkan hak ekonomi, sosial, dan budaya serta hak sipilnya,” jelasnya.

Pada kesempatan ini pula akan diserahkan secara simbolis KTP penghayat kepercayaan oleh Wali Kota Surakarta dan Gubernur Jawa Tengah kepada warga penghayat di Surakarta.

“Harapan kami, gerakan pelayanan kepada para penghayat ini secara khusus bisa diikuti oleh kepala daerah yang lain,” ungkapnya.

Kurator Festival Budaya Spiritual, Fafa Utami mengatakan Surakarta menjadi pilihan yang tepat karena kota yang secara aktif dan massif mempromosikan tradisi dan budaya dengan pendekatan inklusif sekaligus diapresiasi secara luas.

“Ada dua pesan yang akan kami sampaikan melalui pelaksanaan kegiatan Festival Budaya Spiritual. Bahwa kita dapat hidup berdampingan dengan damai dalam masyarakat yang beragam. Dan pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah dapat memberikan layanan terbaik kepada seluruh warganya sehingga hak-hak sipil seluruh masyarakat dapat terjamin, termasuk di dalamnya kebebasan dalam menjalankan ritual,” papar Fafa.

Pembukaan Festival Budaya Spiritual pada hari Senin (17/7/2023) di Pendapa dan halaman Balai Kota Surakarta. Pada acara pembukaan ini rencananya akan hadir Gubernur Jawa Tengah, Dirjen Kebudayaan, dan masyarakat umum untuk menyaksikan tari ritual Manunggaling Kawula Gusti. Serta menikmati sajian aneka ragam tumpeng.

Agenda Festival Budaya Spriritual :

Senin, 17 Juli 2023 : ziarah ke makam Mangkunegara I atau RM Said

Selasa, 18 Juli 2023 : sarasehan budaya spiritual, Kirab Sura di Pura Mangkunegaran

Rabu, 19 Juli 2023 : Ruwatan Sukerta dan Pagelaran Wayang Kulit oleh dalang Ki Purbo Asmoro dengan lakon “Bima Rahayu”.

Masyarakat dapat mengikuti ruwatan massal secara gratis dengan melakukan pendaftaran melalui tautan ringkas.kemdikbud.go.id/RuwatanMassal.