Perayaan ke-266 Adeging Pura Mangkunegaran, 2.500 Peserta Siap Berlari di Mangkunegaran Run In Solo

oleh
Mangkunegaran Run In Solo
Mangkunegaran Run In Solo perayaan Adeging ke-266 Pura Mangkunegaran, Minggu (12/3/2023) mendatang | Dok Instagram Mangkunegaran Run In Solo

SOLO, MettaNEWS – Peringatan ke-266 Adeging Pura Mangkunegaran Solo menggelar lomba lari Mangkunegaran Run In Solo pada Minggu (12/3/2023). Event marathon ini terbagi menjadi 3 kategori dengan 2.500 peserta. Half marathon 21 kilometer, 10 kilometer dan 5 kilometer.

Race Director Mangkunegara Run In Solo, Tri Wahyu mengatakan lomba lari ini miliki konsep perpaduan budaya. Seperti saat prosesi start terdapat sajian tarian gamelan sebagai pengiring pasukan berkuda mengawali rute Mangkunegaran Run In Solo. Termasuk pemilihan rute, penyelenggara sengaja memilih beberapa ikon Kota Solo untuk dilewati peserta.

“Garis besarnya adalah rentetan dari Adeging Pura Mangkunegaran. Tetap konsepnya adalah lomba lari. Cuma kami akan memasukkan unsur-unsur budaya yang ada dalam prosessi start. Ada tarian gamelan dan akan ada iringan pasukan berkuda sepanjang rute,” ujar Tri kepada MettaNEWS, Minggu (5/3/2023).

Rute Mangkunegaran Run In Solo

Saat Mevent marathon ini berlangsung pada pekan depan. Sebagaian ruas jalan Kota Solo akan ditutup pada pukul 4.54 hingga 09.00 WIB. Adapun rute Mangkunegara Run In Solo ini yakni Jalan Slamet Riyadi, Jalan Jenderal Sudirman-Gladag, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Jalan Ir Sutami, Monumen 45 Banjarsari, Stasiun Balapan, Jalan Gajah Mada, Pasar Nongko, Manahan, Monumen Pers dan finish di pintu selatan Pura Mangkunegaran.

“Dari pintu selatan masing-masing 3 kategori berlari ke arah Jalan Slamet Riyadi dan akan ke barat kurang lebih ke Salaview. Half marathon akan putar balik lagi baru lurus lagi ke Benteng Vastenburg. Belok kiri ke Balai Kota melewati Pasar Gede,” jelasnya.

“Dari ketiga kategori ini akan melewati beberapa tempat ikonik Kota Solo. Lalu akan lanjut ke timur ke arah Taman Makam Pahlawan. Lalu mereka akan berlari di sepanjang jalur Solo Ngawi. Mereka akan masuk Monumen 45 akan melewati Stasiun Balapan. Memasuki Jalan Gajah Mada lagi lalu ke arah Pasar Nongko. Lalu belok kiri ke Jalan Hasanuddin. Belok kiri sebelum Flyover Manahan. Belok kiri ke arah barat ke arah timur. Melewati Monumen Pers lurus dan mengelilingi Pura Mangkunegaran dan finishnya pintu selatan,” tambah Tri.

No More Posts Available.

No more pages to load.