Pemkot Solo Sulap Lahan Bekas Makam Jadi Taman Anak Cerdas Senilai Rp 4 Miliar

oleh
Taman
Taman Anak Cerdas di Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Solo resmi dibuka untuk umum, Jumat (6/10/2023) | Magang UNS / Kahfi Harahap

SOLO, MettaNEWS – Pemerintah Kota Solo meresmikan Taman Anak Cerdas di Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Jum’at ( 6/10/2023).

Dihadiri Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan jajaran anggota DPRD Kota Solo, peresmian berlangsung meriah. Teguh pun berpesan agar Taman Anak Cerdas ini dapat digunakan untuk berkegiatan.

“Lebih baik tamannya ini rusak karena dipakai kegiatan, dari pada tidak dipakai untuk kegiatan apa-apa tapi rusak. Nanti jadi repot kalau mau mengajukan untuk perbaikan,” ujar Teguh.

Taman
Taman Anak Cerdas di Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Solo, Jumat (6/10/2023) | Magang UNS / Kahfi Harahap

Sementara itu Lurah Karangasem Endah Heni Pratiwi menjelaskan, bangunan Taman Anak Cerdas ini berdiri di lokasi yang dahulunya tanah makam milik Pemkot Solo.

Lalu pada tahun 2000, tanah tersebut diserahkan ke Kelurahan Karangasem untuk kemudian disertifikatkan. 17 tahun kemudian barulah muncul gagasan untuk membuat taman cerdas. Setelah itu diadakan rapat bersama untuk memimdahkan pemakaman di tahun 2018. Pada tahun 2022, pembangunan Taman Cerdas terrealisasi.

“Baru mulai pembangunan tahap pertama itu tahun 2022 setelah dilakukan review DED (Detail Engineering Design-red) pembangunan tahap ke dua di 2023 ini sekalian peresmian bangunan,” kata Endah.

Taman
Fasilitas bermian di Taman Anak Cerdas Karangasem Laweyan Solo, Jumat (6/10/2023) | Magang UIN Solo / Ramadan Dwi

Pembangunan Taman Anak Cerdas ini memakan biaya kurang lebih Rp 4 Miliar. Pembangunan taman cerdas pun sempat terhalang pandemi Covid-19 di tahun 2020-2021.

Masyarakat menyambut baik pembangunan Taman Anak Cerdas di Kelurahan Karangasem. Salah satunya Pipin. Kepada Mettanews, Pipin mengaku sangat senang karena tanah yang dahulunya terkenal gelap kini telah disulap menjadi terang dan ramai.

“Ya saya sangat senang anak -anak bisa bermain dan orang tua tidak khawatir karena lokasinya aman, tapi ada yang harus ditambahkan, kursi untuk orang tua yang jaga anaknya yang main kesini,” ungkap Pipin.

Taman
Fasilitas bermian di Taman Anak Cerdas Karangasem Laweyan Solo, Jumat (6/10/2023) | Magang UIN Solo / Ramadan Dwi

Lebih lanjut pihaknya membatasi jam operasional untuk berkegiatan di Taman Anak Cerdas. Pembatasan ini dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan bersama.

Taman ini dilengkapi dengan tempat bermain untuk anak-anak. Didesain dengan sentuhan modern, taman ini sangat cocok untuk berfoto ria. Selain untuk bermain lokasi taman juga diperuntukan sebagai tempat belajar.

Ke depan akan ada banyak kegiatan yang dilaksanakan di aula taman tersebut. Seperti kegiatan tari, grup hadroh, dan kesenian karawitan. Rencananya Pemkot akan menambah sudut baca supaya anak-anak tidak hanya bermain namum juga bisa belajar di lokasi tersebut. (Magang UIN Solo / Ramadan Dwi). 

No More Posts Available.

No more pages to load.