Latih Penanganan Ular Liar, Polres Sukoharjo Siapkan Personel Dalam Kondisi Darurat 

oleh
Latih Penanganan Ular Liar
Prosesi pelatihan penangkapan ular oleh anggota polres Sukoharjo dan kodim 0726/ Sukoharjo dengan bimbingan Jayadwipa Persada Soloraya Rescue ( SAR J.P.S.R), Jumat (17/3/2023) | Dok: Polres Sukoharjo

SUKOHARJO, MettaNEWS – Polres Sukoharjo bersama dengan Jayadwipa Persada Soloraya Rescue ( SAR J.P.S.R), dan Kodim 0726 Sukoharjo, latih penanganan mengatasi ular liar di wilayahnya.

Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Kelurahan Joho, dengan puluhan anggota dari Polres dan Kodim, Jumat (17/3/2023).

“Kegiatan ini kami lakukan untuk meningkatkan kapasitas para petugas agar dapat menghadapi kondisi darurat. Tentunya menangani ular liar di wilayah Kabupaten Sukoharjo, hal ini seiring dengan banyaknya laporan dari masyarakat mengenai keberadaan ular di pemukiman warga,” kata Kasat Samapta Polres Sukoharjo AKP Sri Haryanto.

Menurutnya, pengenalan seputar ular harus dengan pemahaman betul oleh para petugas. Sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam penanganan terhadap spesies ular saat melakukan evakuasi.

Dalam kegiatan tersebut, selain Latih Penanganan Ular Liar seperti handling dan sweeping yang benar. Para petugas juga mempelajari pelatihan penanganan pertama terhadap gigitan ular.

Cara pertolongan pertama pada gigitan ular, yakni dengan pembidaian dan immobilisasi. Bisa ular jika tertangani benar dan langsung pada 12 menit pertama dapat mencegah penjalaran sistemik, dan hanya menjadi luka lokal saja.

“Dengan pelatihan ini, kami harap seluruh peserta memahami cara handling ular yang baik dan benar. Sehingga saat proses evakuasi terhadap ular liar dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tandas AKP Sri Haryanto.