Kimia Farma Serahkan 9.400 Paket Vitamin untuk Tenaga Kesehatan di Solo

oleh
oleh
Paket dari PT Kimia Farma untuk tenaga kesehatan di Solo | MettaNews/Puspita

SOLO, Metta NEWS – PT Kimia Farma Tbk.,BUMN Farmasi terbesar di Indonesia, menyerahkan 9.400 paket Fituno (suplemen makanan), Vitamin C, dan Vitamin D3 untuk para tenaga kesehatan (nakes) dan 6.000 paket Fituno sirup untuk anak-anak nakes di Kota Surakarta. bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek (KFA) Nurtjahjo Walujo Wibowo kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Pendapi Gedhe Balai Kota Solo, Rabu (1/9).

“Terima kasih kepada Wali Kota Surakarta yang berkenan menerima bantuan ini. Semoga paket suplemen Fituno dan Fituno sirup, Vitamin C serta Vitamin D3 ini bermanfaat bagi para nakes dan anak-anak nakes di kota yang beliau pimpin ini,” kata Nurtjahjo.  

Nurtjahjo menjelaskan, Kimia Farma, sebagai bagian dari Holding BUMN Farmasi, merasa terpanggil untuk memberikan imunitas dan kesehatan para nakes serta anak-anak nakes yang rentan terpapar Covid-19. 
Dukungan itu direalisasikan melalui Gerakan Sosial “Kita Bersama Nakes” yang sudah dijalankan sejak 1 Juli 2021. Selain Kota Surakarta, Kimia Farma Apotek bersama dengan PT Kimia Farma Diagnostika secara serentak menyerahkan 8.800 paket serupa untuk para nakes dan 6.000 paket Fituno sirup untuk anak nakes di Semarang Raya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menuturkan bahwa tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam penanggulangan pandemi Covid-19 sehingga imunitas dan kesehatannya perlu terus dijaga. Demikian juga dengan keluarganya khususnya anak nakes yang rentan terpapar sehingga perlu dijaga daya tahan dan imunitas tubuhnya.

“Terima kasih kepada Kimia Farma yang sudah memberikan bantuan paket vitamin dan Suplemen Fituno untuk para nakes dan anak nakes di Kota Surakarta. Semua pihak sudah bekerja sama terutama para tenaga kesehatan, TNI/Polri selama masa pandemi. Mungkin terkadang kita lupa kalau anak-anak nakes ini juga perlu sekali dijaga kesehatannya,” jelas Wali Kota Gibran.

Inisiatif PT Kimia Farma Apotek dan PT Kimia Farma Diagnostika merupakan respons cepat atas peningkatan jumlah kasus Covid-19. Berdasarkan data Komite Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 terjadi mulai 20 Juni 2021 yang salah satunya disebabkan oleh Virus Covid-19 Varian Delta. 

Jumlah terkonfirmasi positif terus melonjak hingga mencapai titik tertinggi sebanyak 54.000 orang pada 16 Juli 2021. Kemudian jumlah kasus terkonfirmasi terus menurun hingga 22 Agustus. Perlindungan terhadap para nakes dan anak-anak mereka merupakan bagian dari tanggung jawab sosial (CSR) Kimia Farma untuk masyarakat.

Perwakilan Tim Satgas Covid-19 Prof. Dr. M. Nasser, Sp.KK., D.Law. menjelaskan, pihaknya mengapresiasi kontribusi PT Kimia Farma Tbk. dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

“Para nakes ini telah berjuang untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Para nakes juga rawan terpapar Covid-19 sehingga imunitas dan daya tahan tubuhnya perlu terus dijaga. Bantuan dalam bentuk suplemen makanan dan vitamin sangat membantu menjaga kesehatan para nakes. Demikian juga terhadap anak-anak nakes yang rentan terpapar sehingga bantuan Kimia Farma terhadap anak nakes ini memberikan manfaat besar,” kata Nasser.

Paket bantuan ini langsung diberikan kepada para nakes dan anak-anak nakes melalui 17 puskesmas, RSUD Bung Karno, dan RSUD Ngipang di Solo. Secara simbolis, Direktur Operasional PT Kimia Farma Apotek Abdul Azis menyerahkan paket vitamin dan suplemen makanan kepada 3 orang tenaga kesehatan yang mewakili seluruh nakes dan anak nakes di Kota Surakarta. 

Paket Fituno dan Vitamin tersebut diberikan kepada para nakes seperti petugas pemulasaraan jenazah, sopir ambulance, petugas kebersihan di rumah sakit, klinik, puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya, serta para perawat, petugas radiologi, petugas swab/rapid test antigen, termasuk petugas call center di Puskesmas.

Salah satu tenaga kesehatan di Puskesmas Gilingan yang berprofesi sebagai sopir, Awang Virgiansyah, mengakui bahwa bantuan seperti ini sangat bermanfaat dalam menjaga imunitas dan daya tahan tubuhnya. 

“Kami berterima kasih kepada Kimia Farma. Semoga kerja keras para nakes dapat mengatasi pandemi Covid-19. Anak-anak kami juga rentan terpapar Covid-19 meski kami sudah melakukan protokol kesehatan secara ketat. Kimia Farma juga memberikan Fituno sirup kepada anak-anak kami sehingga dapat menjaga daya tahan tubuhnya,” ujar Awang. 

Terima kasih juga disampaikan oleh dr. Faradila Mirsanti dari UPT Puskesmas Purwodiningratan. Mewakili tenaga kesehatan Puskesmas Purwodiningratan, dr. Faradila mengungkapkan bantuan vitamin dari Kimia Farma ini sangat berarti bagi para nakes. 

“Dukungan bagi kami ini tidak hanya secara materiil tetapi secara psikologis sangat kami rasakan manfaatnya khususnya dalam menjalankan tugas kami dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, terima kasih Kimia Farma,” tutur dr. Faradila. 

No More Posts Available.

No more pages to load.