Kesurupan Tak Selalu Berkaitan dengan Mistis, Ini penjelasan Ahli

oleh
kesurupan
Ilustrasi/kkl univet

FENOMENA kesurupan kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis atau gaib. Namun ternyata ada penjelasan tersendiri di dunia medis tentang fenomena kesurupan. Hal ini berkaitan dengan efek psikis seseorang.
Fenomena kesurupan sering juga disebut dengan kerasukan atau kemasukan setan. Dipercaya, seseorang bisa kesurupan karena tubuhnya dirasuki atau dikendalikan oleh hal-hal gaib, seperti roh atau hantu. Padahal seperti dikutip dari website alodokter, menurut medis, kesurupan tergolong salah satu jenis gangguan mental yang disebut possession trance disorder.

“Possession trance disorder termasuk ke dalam kategori gangguan disosiatif, yakni kategori gangguan mental yang ditandai dengan hilangnya sebagian atau seluruh integrasi akan pikiran, memori, identitas diri, kontrol gerakan tubuh, serta lingkungan sekitar,” ujar ahli alodokter.

Disebutkan jika menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), possession trance disorder merupakan gangguan yang terjadi ketika seseorang kehilangan identitas pribadi dan kesadaran akan lingkungannya secara sementara. Nah, umumnya, orang yang mengalami possession trance disorder menunjukkan gejala atau tanda seperti kehilangan kendali atas tindakan yang dilakukannya, kehilangan kesadaran terhadap lingkungan sekitar, kehilangan memori atau ingatan, kehilangan identitas pribadi dan Kesulitan berkonsentrasi.

“Selain itu ciri yang lain adalah kesulitan membedakan kenyataan dan imajinasi, perubahan nada suara, perubahan perilaku dan keyakinan yang kuat bahwa terjadi perubahan penampilan tubuh,” sebutnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.