Didukung 90 Persen Relawan Gibran Jokowi, Prabowo Langsung Susun Pertemuan di Hambalang

oleh
Relawan
Relawan Gibran Jokowi menyerahkan kaos bertuliskan Bolone Mase (Teman Gibran) ke Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Angkringan Omah Semar, Solo, Jumat (19/5/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Relawan Jokowi Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Koordinator relawan Gibran sekaligus pihak pengundang, Kuat Hermawan Santosa menyebut bahwa Prabowo sangat berkomitmen untuk meneruskan program Presiden Jokowi.

“Ini soal sikap, kawan-kawan Jateng dan Jatim. Kemarin teman-teman menyampaikan aspirasi ke kami 90 persen ke Prabowo. Dan kami mengambil sikap mendukung Prabowo hari ini,” ujar Kuat usai pertemuan di Angkringan Solo, Jumat (19/5/2023).

Sedikitnya ada 15 perwakilan kelompok Relawan Jokowi dan sejumlah perwakilan dari Relawan Gibran yang hadir dalam pertemuan malam ini.

Kuat mengaku kelompok relawan Jokowi ini secara khusus diundang oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam pertemuan itu, Prabowo berpidato  di hadapan 15 perwakilan Kelompok Relawan Jokowi yang hadir. Prabowo mengatakan, undangan yang diberikan padanya adalah kehormatan sekaligus tantangan. Ia juga mengaku terkejut dengan sambutan yang diberikan oleh para relawan.

“Mereka yang mendukung pastilah memiliki alasan tertentu. Pertanyaannya, kami yang didukung mampu atau tidak,” ujarnya.

Dalam pidatonyq Prabowo menekankan bahwa program dari Presiden Jokowi harus berlanjut.  Mengingat adanya ancaman dari pihak luar untuk memecah belah agar mengambil kekayaan bangsa Indonesia.

Menurutnya program-program yang  Jokowi gagas selama 2 periode adalah untuk menanggulangi hal tersebut. Salah satunya adalah hiliarisasi atau larangan ekspor bahan baku.

“Negeri kita demikian penuh dengan potensi, kita selalu diganggu untuk diambil kekayaan kita. Pada zaman pak Jokowi, tidak boleh lagi Indonesia mengeskpor bahan baku. Tapi harus barang jadi dan itu membuat bangsa lain kurang suka,”katanya.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) itu pun menegaskan bahwa dalam keadaan siap meski menerima pernyataan dukungan itu secara mendadak.

“Saya tidak siap, tapi karena keyakinan saya tidak berubah. Didadak pun saya siap menjawab,” tegas Prabowo.

Prabowo kemudian mengundang seluruh relawan Jokowi ke Hambalang untuk melakukan pembicaraan lebih intens.

“Dalam waktu dekat kalau mereka (relawan) sudah siap katanya di sini tempatnya gak muat,” katanya.

Sebelum menutup pidatonya, Prabowo menyampaikan perihal sosok seorang pemimpin berdasar apa yang ia yakini di hadapan relawan. 

“Kunci keberhasilan suatu negara pemimpin-pemimpinnya harus bisa rukun. Harus bisa kerjasama, kompak, saling mengisi mengoreksi bukan saling menjelek-jelakkan. Itu keyakinan saya,” tandasnya.

Setelah pidato para relawan Jokowi meneriakkan Prabowo Presiden. Selain itu, mereka juga memberikan sebuah kaos bertuliskan Bolone Mase (Teman Gibran) diikuti dengan kalimat,’Gak Bahaya Ta? (Tidak bahaya ya).

Prabowo pun meninggalkan lokasi pertemuan sekitar pukul 22:50 WIB. Setelah pertemuan ini, ia direncanakan akan bertemu Susilo Bambang Yudhoyono.