Dapat Mobil Listrik Tahir Foundation, Gibran Manfaatkan untuk Pariwisata

oleh
oleh
mobil listrik
Empat unit mobil listrik di parkiran Balai Kota Surakarta, Selasa (28/9) | Foto : Metta NEWS - Puspita

SOLO, Metta NEWS – Mendapat bantuan mobil listrik dari Tahir Foundation (Mayapada Group), Pemerintah Kota Solo akan memanfaatkan untuk mensupport pariwisata. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan mobil listrik tersebut akan dimanfaatkan untuk berkeliling memantau  Kota Solo. 

“Penggunaannya nanti kita serahkan ke Dinas Perhubungan, ini lebih ramah lingkungan dan bisa untuk masuk ke jalan-jalan sempit seperti Kampung batik Laweyan, Kauman,” tutur Gibran, ketika ditemui usai launching aplikasi Solo Sale Go di Loji Gandrung, Selasa (28/9). 

Gibran mengatakan akan ada 8 mobil yang disumbangkan oleh Tahir Foundation namun saat ini baru datang 4 mobil yang diparkir di dalam Balai Kota Solo. 

“Kita lagi ngurus izinnya dulu, ini lagi ngurus ke Satlantas untuk plat nomor soalnya mobil listrik,” jelas Gibran. 

Gibran menambahkan untuk operasional mobil listrik dari Tahir Foundation ini Dinas Perhubungan Kota Surakarta sudah membuat rutenya yang diprioritaskan untuk keliling Kota Solo ke tempat-tempat wisata. 

“Rencananya kalau izin sudah beres pas uji coba masyarakat bisa mencoba gratis,” kata Gibran. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno mengatakan terkait rute mobil listrik nantinya akan mengadopsi Bus Tingkat Wisata yaitu dengan sistem tiket

“Peluncurannya nanti sekitar pertengahan Oktober 2021. Mobilnya yang pasti untuk jarak pendek, kami sudah mulai melakukan koordinasi dengan Asita terkait rute dan operasionalnya,” kata Hari ketika dihubungi melalui telepon, Selasa (28/9).

Hari menyebut dengan adanya mobil listrik ini menambah armada wisata dalam kota untuk jarak dekat selain bus tingkat.

“Ini sebagai alternatif jarak dekat misal dari Pasar Gede ke Keraton, ke Mangkunegaran. Di area kampung batik. Minimal sama dengan bus tingkat City Tour, isinya 6 penumpang dengan sopir. Ini mobil golf star yang di modif ala mobil retro,”

Tim Metta NEWS melihat secara langsung di parkiran Balai Kota, model mobil listrik tersebut di desain ala-ala mobil Eropa antik, untuk posisi charger berada di kursi bagian tengah.

No More Posts Available.

No more pages to load.