Busana Jawi Suratman Garap 82 Seragam Beskap untuk Pernikahan Kaesang-Erina

Seragam beskap Busana Jawi Suratman akan digunakan untuk panitia dan keluarga di pernikahan Kaesang Erina | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Pernikahan putra bungsu Presiden RI, Kaesang Pangarep kian dekat. Kini salah satu penjahit langganan keluarga Presiden, Busana Jawi Suratman kembali mendapat kepercayaan membuat baju seragam pernikahan Kaesang dengan Erina.

Penjahit yang berlokasi di Jalan Teuku Umar 14 Solo, Jawa Tengah diminta membuatkan baju seragam untuk panitia dan keluarga besar Presiden Joko Widodo pada Desember mendatang.

Anak pertama dari Pemilik Busana Jawi Suratman, Sugiyatno mengatakan utusan Presiden Jokowi memesan 82 seragam. Adapun seragam yang dimaksid yakni pakaian beskap, blangkon, dan jarit.

“Ada panitia dari Surabaya, dari Klodran, Turisari, keluarga Sumber, Jogja, keluarga Sekip, keluarga Gondang,” katanya, Kamis (14/11/2022).

Dari 82 seragam itu, 63 di antaranya pakaian beskap untuk pria dan sisanya untuk pakaian perempuan. Ada tiga model pakaian adat Jawa yang dipesan yakni model beskap atela, beskap landung, dan beskap Jawi Jangkep.

Ditanya soal kegunaan seragam tersebut, Sugianto mengaku tak mengetahui secara pasti masing-masing pakaian yang dipesan itu untuk acara apa saja dalam pernikahan Kaesang-Erina.

Sedang untuk bahan seragam ia langsung menerimanya secara langsung dari keluarga Jokowi. Kendati demikian, Sugiyatno menjelaskan sesuai dengan pakem Jawa. Salah satunya yakni beskap landung yang biasa dipakai dalam acara Midodareni.

“Dan untuk beskap atela barang kali untuk resepsi. Kalau yang beskap hitam panitia khusus. Pesannya mulai September,” katanya.

Lebih lanjut Sugiyatno mengaku sempat mengalami kesulitan, di mana setiap beskap yang dibuat memiliki ukuran berbeda-beda karena merupakan pesanan.

Dipercaya sejak mantu pertama

Sugiyatno mengaku telah mendapat kepercayaan dalam menggarap seragam beskap sejak pernikahan putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda.

Kemudian, berlanjut putri Kedua Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, dan saat ini Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

“Alhamdulillah mulai mantu pertama Gibran, Kahiyang, sekarang Kaesang. Ini bahan dari beliau semua,” jelasnya.

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono rencananya akan digelar pada 10 Desember 2022. Pernikahan mereka akan digelar di DI Yogyakarta. Sementara untuk prosesi ngunduh mantu, keluarga Jokowi memilih Pura Mangkunegaran yang sekaligus digunakan untuk menggelar pesta rakyat.