Transaksi Capai 3 Miliar, UIN Surakarta Raih Juara 1 Galeri Investasi Terbaik

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – UIN Raden Mas Said Surakarta meraih juara 1 pada Road to GI Award 2023 yang digelar Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jawa Tengah 2, Senin (27/11/2023).

Sebanyak 36 Galeri Investasi BEI menjadi peserta pada Road to GI Award 2023 ini.

Pada periode Januari – Oktober 2023, Galeri Investasi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta muncul sebagai jawara. Galeri UIN ini menyabet juara 1 atas beberapa pencapaian. Seperti pembukaan rekening efek baru sebanyak 571,  menggelar kegiatan terbanyak yakni 57 kegiatan edukasi, dan akumulasi nilai transaksi sebesar Rp943.937.400.

Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah 2 Muhammad Wira Adibrata menjelaskan selain acara penghargaan, kegiatan gathering juga menjadi ajang saling tukar informasi. Ajang diskusi para pengurus dan mahasiswa penggiat pasar modal di masing-masing kampus sebagai evaluasi dan penyusunan program 2024.

“Penilaian kami berdasarkan kepada peran keberadaan Galeri Investasi itu sendiri. Bagaimana menjalankan program edukasi, apa manfaat yang telah diberikan. Dalam hal ini adalah edukasi dan juga secara spesifik atas keberhasilannya mencetak investor investor baru,” kata Wira.

Atas prestasi tersebut, Kantor Perwakilan BEI Jawa Tengah 2 memberikan penghargaan berupa sertifikat dan juga uang pembinaan sebesar Rp 2.500.000.
Menempati juara 2 adalah Galeri Investasi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Dengan pencapaian jumlah transaksi yang melebihi rata-rata galeri investasi lainnya yakni Rp 3,3 miliar.

UMS mendapat sertifikat penghargaan dan juga uang pembinaan senilai Rp 2 juta. Sementara juara 3 diraih Universitas Slamet Riyadi. Dengan pencapaian 9 kali kegiatan, 166 rekening saham baru.

BEI Jateng 2 juga memberikan penghargaan dari kateogri jumlah kegiatan dan jumlah peserta yang telah berhasil diedukasi. Juara 1 diraih oleh Galeri Investasi BEI Universitas Islam Batik Surakarta dengan 15 Kegiatan Edukasi berhasil mengedukasi 689 peserta. Juara 2 Galeri Investasi BEI Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 5 Kegiatan Edukasi, 807 Peserta dan juara 3 Galeri Investasi BEI  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret, 5 Kegiatan Edukasi, 344 peserta.  Masing-masing mendaatkan hadiah Rp 2,5 juta, Rp 2 juta dan Rp 1,5 juta.

“Selain kegiatan dan jumlah transaksi, kami juga memberikan apresiasi bagi galeri yang tertib secara administrasi. Mulai dari pelaporan bulanan yang tepat waktu, laporan pertanggun jawaban dan juga administrasi lainnya melalui system RDIS,” kata Wira.

Adapun juaranya adalah Galeri Investasi BEI Universitas Dharma AUB,  Juara 2 Galeri Investasi BEI Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia, juara 3 Galeri Investasi BEI Politeknik Pratama Mulia.

Galeri investasi juga merambah ke tingkat Sekolah Menengah Atas dengan nama Galeri Investasi Edukasi. Kategori galeri investas edukasi terbaik jatuh kepada SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Sementara galeri investasi edukasi terbaik dengan berbagai inovasinya dimenangkan oleh SMK Negeri Jenawi.

“SMK ini sangat unik dalam mengedukasi, program edukasi pasar modal dengan tema kemah cuan, angkringan cuan dimana konsep wedangan sambil ngobrol saham dan lainnya lagi,” paparnya.

Wira melanjutkan, selain galeri yang ada di kampus dan sekolah, Galeri Investasi juga ada pada instansi atau non kampus. Di Jateng 2 terdapat 3 Galeri non kampus yakni, Galeri Investasi MPP Surakarta, Galeri Investasi KPP Pratama Surakarta dan Galeri Investasi Digital Komunitas UMKM Gradasi Surakarta. Untuk pemenang Galeri Investasi non kampus ini diraih oleh Galeri Investasi Digital Gradasi Surakarta.

“Dengan adanya apresiasi tersebut diharapakna dapat memberikan semangat untuk terus berperan aktif mengenalkan informasi informasi kepada masyarakat yang ingin berinvestasi di pasar modal. Galeri Galeri akan semakin bermanfaat baik untuk lingkungan kampus maupun masyarakat luas,” pungkasnya.