Sebanyak 126 Siswa Ikuti Ramadan Camp di SMP Muhammadiyah Program Khusus

oleh
oleh

SOLO, MettaNEWS – Memberi kegiatan yang positif bagi siswa, SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan Ramadan Camp di sekolah. Kegiatan yang digelar selama dua hari, Jumat-Sabtu (15-16/3/3034) tersebut diikuti 126 kelas 7.

Kegiatan ini bertujuan mewujudkan generasi robbani yang berdaya dan berkarya,

Wakil Kepala Sekolah bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Ustazah Rubiatun Nurush Sholihati, S.Pd.I menyampaikan kegiatan Ramadan Camp digelar untuk lebih mendekatkan para siswa kepada Allah SWT dalam beribadah terutama di bulan Ramadhan. Apalagi bulan Ramadan adalah bulan penuh ampunan dan pahala yang berlipat ganda.

“Generasi yang berdaya itu semangat dalam mencari ilmu dan memberikan pengajaran atau nasihat kepada orang lain. Sedangkan berkarya Islami artinya mengisi Ramadan dengan karya yang produktif,” ungkapnya.

Terlihat para siswa mengikuti setiap kegiatan dengan senang dan penuh antusias. Seperti kegiatan membuat bouquet snack, para siswa tampak asyik menyusun makanan dan minuman kemasan menjadi bouquet kreatif. Selain itu, terdapat kegiatan fun game yang menantang jiwa kompetitif para siswa. Fun Game tersebut berupa lomba rangking 1, kaligrafi, sambung ayat, tartil, adzan dan story telling.

Sore hari menjelang berbuka, para siswa mengikuti kegiatan kajian bersama Ustaz Nur Alam Windu Kuncoro, S.Pd., M.Pd. Malam harinya setelah sholat tarawih, terdapat dongeng Islami bersama Kak Nasir. Dongeng Kak Nasir bercerita tentang Muhammad bin Idris atau Imam Asy-Syafi’I ingin bertemu ulama terkenal di Makkah pada masanya. Dongeng ini, para siswa-siswi bisa belajar tentang kejujuran dan berbakti kepada orang tua.

Kepala SMP Muhammadiyah PK, Ustadz Muhdiyatmoko, M.Pd mengapresiasi digelarnya kegiatan Ramadan Camp kelas 7.

“Untuk para siswa-siswa kami tercinta, meskipun dalam kondisi berpuasa bukan berarti tidak bisa melakukan sesuatu hal yang baik di bulan Ramadan. Kita terus beribadah, belajar, dan berkarya agar sukses dunia dan akhirat,” pesannya pada para siswa.

Sementara itu, Queenanda Yasmin Shafira mengaku senang mengikuti kegiatan Ramadan Camp. Remaja yang kerap dipanggil Yasmin mendapatkan pengalaman baru bisa berbuka, belajar, dan beribadah bersama dengan teman-teman di sekolah.

“Senang banget karena memiliki pengalaman yang baru, bisa berbuka bersama teman teman dan shalat tarawih bareng,” ceritanya.

Salah satu guru pembimbing Ustadz Fadhila Arsyat berharap kegiatan Ramadan Camp mampu menambah semangat para siswa dalam beribadah di bulan Ramadan.

“Seain itu, para siswa mmapu mengisi kegiatan Ramadan dengan kegiatan produktif dan bermanfaat,” tutup Fadhila.