Ada Begalan di Prosesi Ngunduh Mantu Kaesang, Bagikan Perabot Rumah Tangga di Jalan Slamet Riyadi

Kaesang
Foto prewedding Kaesang dan Erina | Instagram @kaesangp

SOLO, MettaNEWS – Acara ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan berlangsung di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung pada Minggu 11 Desember 2022.

Dalam prosesi upacara pernikahan adat Jawa ini keluarga Presiden RI Joko Widodo mempercayakan Asmoro Decoration untuk menggarap dekorasi. Vendor jasa dekorasi dan lighting ini beralamat di Keprabon, Banjarsari, Solo.

Art Director Asmoro Decoration, Pandji Vasco Da Gama mengatakan prosesi ngunduh mantu ini dimulai dengan sungkeman kemudian berlanjut ke foto bersama keluarga.

“Setelah foto bersama keluarga ada nyebar udik-udik dan tumplak punjen. Di dalam tumplak punjen ini ada begalan atau membagikan perabot rumah tangga yang diperagakan penari ISI Solo,” ujar Pandji saat ditemui di workshop Asmoro Decoration di Colomadu, Karanganyar, Selasa (29/11/2022).

Udik-udik ini merupakan tradisi menebarkan atau melemparkan uang logam yang bertujuan untuk membagikan kepada tamu yang hadir dalam hajatan di masyarakat Jawa. Para tamu dalam hajatan dan/atau masyarakat sekitar dipersilakan berebut uang yang ditebarkan empunya hajat.

Dijelaskan bahwa, upacara Tumplak Punjen adalah bentuk simbolis orang tua memberikan bekal terhadap anak mereka sebelum mereka mengarungi bahtera rumah tangganya sendiri.

Peragaan tumplak punjen ini akan berlangsung di sepanjang Jalan Slamet Riyadi sejauh 1,3 kilometer. Jumlah peraga ini akan disesuaikan dengan banyaknya pikulan tumplak punjen. Selain itu ada prajurit yang disiapkan untuk menyambut tamu.

“Kalau dekorasinya akan mulai dipasang di tanggal 8 Desember, kita menargetkan di tanggal 11 Desembernya jam 10 area sudah steril, acara akan dimulai pukul 11,” ujarnya.