SOLO, MettaNEWS – Salah satu elemen kunci yang memainkan peran strategis dalam menjaga kelancaran operasional kereta api adalah Pusat Pengendali Operasi Kereta Api atau Pusdalopka.
Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan bahwa Pusdalopka memiliki tanggung jawab besar dalam mengawasi, mengendalikan, dan mengkoordinasikan seluruh perjalanan kereta api, baik dalam kondisi normal maupun tidak normal.
Dalam situasi tidak normal atau darurat seperti gangguan sinyal, kerusakan jalur, atau kondisi cuaca ekstrem, Pusdalopka berfungsi sebagai “otak” pengelolaan operasional perjalanan kereta api serta pusat komando untuk mengambil keputusan cepat dan tepat guna meminimalkan dampak terhadap perjalanan kereta api.
“Kami bekerja 24 jam tanpa henti untuk memastikan bahwa setiap perjalanan kereta api dapat berlangsung dengan aman dan tepat waktu. Dalam kondisi tidak normal, komunikasi dan koordinasi menjadi kunci utama dalam menangani situasi dengan cepat,” kata Krisbiyantoro.
Langkah Penanganan dalam Kondisi Tidak Normal
Ketika terjadi gangguan pada perjalanan kereta api, Pusdalopka segera melakukan langkah-langkah. Seperti identifikasi dan analisis cepat. Pusdalopka segera mengidentifikasi sumber gangguan melalui sistem monitoring yang canggih. Sistem ini juga terpantau secara terpusat dan termonitor pergerakan KA nya secara menyeluruh sehingga pengambilan keputusan untuk pengalihan rute lebih cepat.
Pusdalopka berkomunikasi langsung dengan petugas lapangan, seperti masinis, petugas stasiun, dan teknisi. Untuk memastikan tindakan perbaikan atau penanganan dapat dilakukan secepat mungkin.
Dalam situasi tertentu, Pusdalopka dapat mengatur ulang lintas perjalanan dan jadwal keberangkatan agar operasional kereta api tetap berjalan meski terjadi gangguan.
Bersama tim pelayanan pelanggan, Pusdalopka memastikan informasi terkini terkait gangguan dan jadwal alternatif segera disampaikan kepada penumpang untuk mengurangi ketidaknyamanan.
“Dengan kerja keras dan dedikasi para petugas di pusat pengendali, kami berkomitmen memberikan pelayanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi masyarakat. Kesiapan dalam menangani situasi tidak normal adalah bagian dari upaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan,” pungkas Krisbiyantoro.