Perjalanan Dinas ke Amerika, Wali Kota Gibran Kunjungi 3 Kota Ini

oleh
oleh
Hari Anak Nasional
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyerahkan piagam penghargaan Solo Kota Layak Anak saat menghadiri Senam dan Pentas Ceria Hari Anak Nasional di Solo Safari, Sabtu (29/7/2023) | MettaNEWS / Adinda Wardani

SOLO, MettaNEWS – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming sejak Kamis 7 September 2023 lalu melakukan perjalanan dinas ke Amerika Serikat.

Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Solo, Herwin Nugroho menyampaikan Wali Kota Gibran mengunjungi 3 kota di Amerika.

“Ada Los Angeles, Washington DJ dan New York,” ujar Herwin, Rabu (13/9/2023).

Herwin menjelaskan kunjungan kerja Gibran ini membawa misi ekonomi kreatif. Termasuk mempromosikan wisata Solo.

“Promosi wisata pasti. Tapi tema besarnya lebih ke ekonomi kreatif. Dalam tema itu ada subsektor-subsektornya,” jelas Herwin.

Dalam perjalanan dinas tersebut sang istri, Selvi Ananda turut mendampingi Gibran.

Menurut rencana Gibran akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 15 September 2023 nanti.

Terkait perjalanan dinasnya ke luar negeri selama sepekan ini, Gibran telah meminta izin ke Gubernur Jawa Tengah. Putra sulung Presiden Jokowi tersebut juga izin ke Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Luar Negeri.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani mengatakan, bahwa kunjungan Gibran ke Amerika Serikat merupakan permintaan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York.

Ahyani menyebut permintaan itu telah sampai ke Gibran sejak enam bulan lalu. Ahyani mengungkapkan utusan dari KJRI New York datang langsung ke Balai Kota Solo menemui Gibran.

“Kemungkinan yang mengundang KJRI di New York. Permintaan sudah sejak sekitar enam bulan lalu. Utusan KJRI yang datang langsung ke Balai Kota,” tutur Ahyani.